Simalungun, hetanews.com - Tiga warga Nagori Purbaganda, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, divonis bervariasi, di PN Simalungun, Jumat (26/6/2020).

Arianto Batubara, divonis 5 tahun penjara, denda Rp1 milyar, subsider 6 bulan penjara, Angga Satria (26), divonis 4 tahun penjara, denda Rp900 juta, subsider 3 bulan penjara dan Yudi Surya  (25), divonis 3 tahun penjara.

Masing - masing terdakwa, dipersalahkan melanggar pasal 114, pasal 112 dan pasal 127 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika. Sebelumnya, Arianto, dituntut 7 tahun penjara, Yudi Surya, dituntut 6 tahun penjara dan Angga Satria, dituntut 5 tahun penjara oleh jaksa M Rizky SH.

Namun hakim berpendapat lain dan meringankan hukuman para terdakwa.

Ketiganya, diamankan polisi, pada Senin, 30 November 2019 lalu, dari dalam gubuk, di Kampung Buntu, Nagori Purbaganda, Kecamatan Pematang Bandar.

Satres Narkoba Polres Simalungun yang telah mendapatkan informasi, langsung melakukan penggerebekan, di gubuk tersebut. 

Polisi menyita 8 paket sabu yang diakui adalah milik terdakwa Arianto yang dibeli dari Rico Ardian (sudah dihukum) seharga Rp1,2 juta.

Sedangkan Yudi Surya diajak ngisap sabu gratis setelah disuruh membeli nasi oleh Arianto dan Angga, datang ke gubuk untuk membeli sabu dari terdakwa  Arianto.

Atas putusan majelis hakim, para terdakwa didampingi pengacara, Sintong Sihombing dari Posbakum PN Simalungun, menyatakan menerima putusan tersebut. Sedangkan jaksa masih pikir-pikir.