HETANEWS.COM

Militer Iran Bangun Pabrik Rahasia Produksi Bahan Bakar Rudal

Anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran berdiri dalam formasi selama parade militer tahunan “Pekan Pertahanan Suci”. Foto: AFP

Taheran, hetanews.com - Militer Iran membangun kompleks industri aluminium untuk memproduksi bubuk aluminium secara rahasia dan digunakan dalam program rudal rahasia. Serbuk aluminium ini berasal dari bauksit, yang merupakan bahan bakar padat atau solid-fuel propellant untuk peluncuran rudal.

“Pabrik rahasia ini dibangun oleh pasukan elit Iran yaitu Korps Garda Revolusi,” begitu dilansir Reuters dari penjelasan bekas pejabat pemerintah Iran dan sejumlah dokumen pada Rabu, 24 Juni 2020.

Pemerintah Iran menyebut kompleks industri aluminium itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan produksi metal.

“Iran mulai memproduksi bubuk aluminium untuk kepentingan militer ini sejak lima tahun lalu,” kata Amir Moghadam, yang merupakan bekas pejabat.

Suasana uji coba rudal misil generasi terbaru dalam latihan militer di Teluk Oman, Iran, 17 Juni 2020. Angkatan bersenjata Iran merilis foto-foto yang memperlihatkan rudal ditembakkan dari kapal dan bagian belakang truk yang meledakkan sebuah kapal di tengah laut.
Foto: WANA (West Asia News Agency) via REUTERS

Moghadam pernah bertugas di bagian hubungan masyarakat, dan anggota tim urusan parlemen di kantor Wakil Presiden Iran. Menurut Amir Moghadam, yang pernah menjabat di kantor wapres urusan eksekutif Iran ini, dia pernah mengunjungi pabrik itu dua kali.

“Produksinya masih berlangsung saat saya meninggalkan Iran pada 2018,” kata dia.

Iran memproduksi sendiri serbuk aluminium untuk bahan bakar rudal karena adanya sanksi internasional. Sanksi ini bertujuan untuk memblokir upaya Iran menguasai teknologi canggih.

Pemerintah Amerika Serikat dan sekutu melihat kemampuan rudal Iran sebagai ancaman terhadap wilayah Timur Tengah dan dunia.

Salah satu dokumen berupa surat kepada Ayatullah Ali Khamenei dari seorang komandan Garda Revolusi. Surat itu berisi penjelasan soal fasilitas di Jajarm, Iran, yang digunakan untuk memproduksi bahan bakar rudal dari serbuk logam.

Sumber: tempo.co

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!