HETANEWS.COM

Rupa UNEFA Kampus Yang Jadi Pro Kontra

Universitas Efarina atau UNEFA di Jalan Pdt J Wismar Saragih Kota Siantar. [foto: Unefa]

Siantar, hetanews.com - Pembangunan kampus UNEFA di Jalan Pdt J Wismar Saragih Kelurahan Bane, Siantar Utara mendadak diminta diberhentikan. Itu setelah ditemukan adanya pelanggaran Perda No 1 Tahun 2013 tentang RTRW dan belum mengantongi izin lingkungan dari DLH. Dalam RTRW lokasi itu zona perkebunan kini berubah jadi kampus nan rupawan.

Dari hasil rapat dengar pendapat Komisi III DPRD Siantar, salah satu rekomendasi adalah SatPol PP Siantar melayangkan surat teguran pertama untuk memberhentikan aktifitas pembangunan. Ketua Komisi III, Denny TH Siahaan menegaskan, pihaknya bukan semata mata menyudutkan pihak yayasan Efarina. Namun secara keseluruhan bangunan yang menyalahi aturan di siantar demi tegaknya aturan.

Sosok penggiat media Siantar, Rencana Siregar, menuliskan pro dan kontra pemberhentian bangunan kampus UNEFA di akun facebooknya. Menurutnya RTRW Siantar sejak awal sudah salah kaprah. 

"Berbicara mengenai Perda RTRW, banyak kali dan tak terhitung yang menyalahi di kota yang kita cintai, karena dulu sistem Birokrasinya bangun rancang, bukan melakukan Pembangunan sesuai aturan dan Peraturan (Master Plan)," kata pria yang kerap menyebut 'Siantar Uli' ini untuk kota Siantar.

Dilain sisi ia juga melihat pembangunan kampus itu nantinya,akan merekrut banyak tenaga kerja profesional terutama tenaga Medis dan Para Dosen. Sehingga para generasi muda bisa menimba Ilmu sesuai dengan bidangnya.

"Cobalah kalau ku tanya jujur sama Pihak Pemko dan Komisi III DPRD, keberadaan Pabrik Rokok terbesar di Siantar ini, bukankah itu dari dulunya sudah menyalahi Perda RTRW, kenapa dibiarkan begitu saja dan tidak dicarikan solusinya?," sebutnya.

Humas Efarina Etaham Group, Silverius Bangun, turut menuliskan surat terbuka merespon  surat peringatan pertama SatPol PP. Humas dan corporate lawyer Yayasan Efarina akan melakukan konsultasi kepada stakeholders untuk mencari solusi persoalan ini.

"Kegiatan belajar mengajar dan administratif Universitas Efarina tetap dilakukan seperti biasa di kampus baru Universitas Efarina," tegas Silverius. 

Ia menuliskan bahwa, UNEFA juga memiliki tanggung jawab untuk tetap memberikan pelayanan administrasi kemahasiswaan kepada mahasiswa dan perwakilan mahasiswa UNEFA.

Yayasan Efarina mengawali pengabdiannya dibidang pendidikan pada tahun 2003 di Purwakarta Jawa Barat, dengan menyelenggarakan pendidikan Akademi Perawatan Efarina. Kemudian di tahun 2010 memulai pendidikan SMK Efarina di Berastagi dan Simalungun.

Selanjutnya Universitas di tahun 2013 ini, mendapat perintah untuk menghentikan pembangunan universitas efarina yang berada di jalan Pdt J Wismar Saragih Kota Siantar.
 

Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!