HETANEWS.COM

Waspada, 9 Hand Sanitizer Ini Mengandung Bahan Kimia Beracun

Ilustrasi Hand Sanitizer

Hetanews.com - Salah satu cara mencegah terkena virus corona adalah rajin mencuci tangan baik dengan sabun. Jika berada di luar rumah dan tidak ada sabun tangan, hand sanitizer bisa menjadi penggantinya.

Khusus untuk hand sanitizer, tidak semua produk direkomendasikan. Ada pula yang berbahaya bagi tubuh karena mengandung bahan kimia beracun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) menyarankan konsumen untuk tidak menggunakan produk pembersih tangan atau hand sanitizer yang diproduksi oleh Eskbiochem SA. Alasannya karena kemungkinan mengandung bahan kimia beracun.

FDA telah menemukan bahan metanol dalam sampel hand sanitizer Lavar Gel dan CleanCare No Germ yang diproduksi oleh Eskbiochem SA, perusahaan berbasis di Meksiko. Kedua produk tersebut mengandung bahan berbahaya metanol, yang jika diserap oleh kulit dapat meracuni tubuh.

Mencuci tangan
Ilustrasi ibu dan anak mencuci tangan dengan hand sanitizer

“Sampel FDA diuji Lavar Gel dan CleanCare No Germ. Lavar Gel mengandung 81 persen (v/v) metanol dan tidak ada etil alkohol, dan CleanCare No Germ mengandung 28 persen (v/v) metanol. Metanol bukan bahan yang dapat diterima untuk pembersih tangan dan tidak boleh digunakan karena efek beracunnya,” kata FDA dalam pernyataannya dikutip Forbes.

Paparan bahan kimia metanol dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf atau kematian.

FDA merekomendasikan konsumen menghindari sembilan merek pembersih tangan yang diproduksi oleh Eskbiochem. Berikut daftarnya:

  • All-Clean Hand Sanitizer (NDC: 74589-002-01)

  • Esk Biochem Hand Sanitizer (NDC: 74589-007-01)

  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 75% Alcohol (NDC: 74589-008-04)

  • Lavar 70 Gel Hand Sanitizer (NDC: 74589-006-01)

  • The Good Gel Antibacterial Gel Hand Sanitizer (NDC: 74589-010-10)

  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 80% Alcohol (NDC: 74589-005-03)

  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 75% Alcohol (NDC: 74589-009-01)

  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 80% Alcohol (NDC: 74589-003-01)

  • Saniderm Advanced Hand Sanitizer (NDC: 74589-001-01)

FDA memperingatkan siapa pun yang terpapar hand sanitizer yang mengandung bahan metanol harus mencari perawatan segera. Tindakan yang cepat dan sesuai dapat membantu mengurangi bahaya dari metanol.

Penyimpanan hand sanitizer juga perlu diperhatikan, karena bisa memicu sejumlah risiko berbahaya, seperti kebakaran. Kandungan 70 persen alkohol pada hand sanitizer tidak hanya ampuh membunuh virus, tetapi juga memicu kebakaran, jika tidak disimpan ditempat yang aman.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!