HETANEWS.COM

Simpan Sabu di Kotak Permen dan Ganja di Rumah, Weli Rustandi Divonis  5,6 Tahun Penjara

Hakim membaca vonis 5,6 tahun penjara kepada terdakwa Weli. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Weli Rustandi als Weli (27), warga Huta III Sukasari, Nagori BM, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun,  terbukti memiliki sabu dan ganja, hingga divonis 5,6 tahun penjara, denda Rp1,2 M, subsider 6 bulan penjara.

Vonis hakim tersebut, dibacakan ketua majelis hakim, A Hadi Nasution SH MH, didampingi dua hakim anggota, Hendrawan Nainggolan dan R Sormin, di PN Simalungun, Kamis (25/6/2020) yang diegalar secara online, melalui vidcon.

"Menyatakan terdakwa bersalah melanggar pasal 112 dan pasal 111 (1) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika," kata hakim.

Sebelumnya, terdakwa dipersalahkan jaksa, Indri Wirdya SH, dengan pasal 114 (1) UU RI no 35/2009 tentang peredaran narkotika. Putusan hakim, konform (sama) dengan tuntutan jaksa, hanya pasal yang berbeda.

Sesuai fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, terdakwa ditangkap petugas Polsek Bangun, pada 23 Desember 2019 saat melintas di jalan umum Nagori Bukit Maraja, Kecamatan Gunung Malela.

Dari saku terdakwa disita Hp merk Samsung putih dan dari kap sepeda motor Honda Supra X yang dikendarai terdakwa, ditemukan kotak permen yang dilakban berisi 3 paket sabu.

Lalu dilakukan penggeledahan, di rumah terdakwa dan ditemukan sepaket ganja, timbangan digital, kaca pirex yang sudah dibakar berisi sabu, pipet, bong dan plastik klip kosong yang dinyatakan untuk dimusnahkan.

Setelah diinterogasi, Weli mengaku, membeli sabu dan ganja dari Mukhlis (DPO) sebanyak 3 paket dengan harga Rp300 ribu, di Simpang Gambus Kota Limapuluh, Kabupaten Batu Bara.

Terdakwa dalam persidangan, didampingi pengacara, Sintong Sihombing dari Posbakum PN Simalungun dan juga jaksa diberikan waktu 7 hari untuk pikir-pikir atas putusan tersebut menerima ataupun banding.

"Atas putusan tersebut, terdakwa dan juga jaksa bisa menerima ataupun banding, diberikan waktu 7 hari, “jelas hakim.

Persidangan dibantu panitera, Jonathan Sinaga, dinyatakan selesai dan ditutup. 

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!