HETANEWS.COM

Kejari Simalungun Akan Tindak Lanjuti Dugaan Pungli di Sejumlah Sekolah, Termasuk SDN 094153 Karangsari

Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terkait adanya dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan sejumlah  sekolah, di Kabupaten Simalungun, baik SD, SMP ataupun SLTA, seperti yang diberitakan media ini, beberapa hari ini, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, akan mempelajarinya dan menelaah informasi tersebut.

"Kami akan melakukan pengecekan dan mentelaah dugaan tersebut,"kata Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji yang dikonfirmasi Hetanews, Rabu (24/6/2020).

Menurut Sinuhaji, informasi tersebut akan segera ditindak lanjuti pihaknya.

Baca juga: Ada Dugaan Pungli di SD Negeri 094153 Karangsari, Bupati Simalungun Harus Tegas

Dalam situasi musibah nasional, yaitu Covid-19, diharapkan jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan, tegasnya.

Apalagi, presiden juga telah menghimbau seluruh jajarannya agar tidak melakukan kutipan apapun, tambahnya.

Di tengah wabah pandemi virus corona, dalam menyambut tahun ajaran baru, pengambilan ijazah diduga telah dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengutip uang ratusan ribu dari orangtua siswa, guna menebus surat kelulusan.

Seperti yang terjadi di SDN 094153 Karangsari, Kecamatan Gunung Maligas yang melakukan kutipan hingga ratusan ribu untuk menebus ijazah.

Sudah sangat jelas dipaparkan dalam UU No.20/2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan Permendikbud No.44/2012 tentang pungutan dan sumbangan tidak dibenarkan baik saat kelulusan maupun saat penerimaan siswa baru (PSB).

"Jadi jika benar ada kutipan yang dilakukan pihak SDN 094153 tersebut akan kita tindak lanjuti,"ujar Sinuhaji.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!