HETANEWS.COM

iPhone Bisa Rekam Otomatis saat Penggunanya Ditangkap Polisi, Begini Ceritanya

iPhone 11 Pro. \Foto: Jason Lee/Reuters

Hetanews.com - Hanya dengan mengatakan “Hey Siri, I am getting pulled over,” alias "Hey Siri, saya ditilang" pengguna iPhone bisa dengan mudah merekam suara momen-momen dirinya ditangkap oleh pihak kepolisian.

Fitur ini tengah viral di Amerika Serikat di tengah arus demonstrasi yang terus meluas. Perintah tersebut digunakan memanfaatkan fitur Siri Shortcut dari Apple. Hanya dengan mengucapkan kalimat tersebut, HP pengguna akan secara otomatis melakukan banyak hal.

Pertama, iPhone akan meredup. Kemudian seluruh lagu atau video yang tengah diputar akan dihentikan. Setelah itu, HP akan mulai merekam video dari kamera depan.

Selain itu, perintah kepada Siri ini juga dapat mengirimkan lokasi smartphone serta mengirim video hasil rekaman ke kontak darurat. Perintah menggunakan fitur Shortcut dari Apple ini dikembangkan oleh pria asal AS bernama Robert Petersen.

“Bagi saya, jika Anda ditangkap atau ditilang oleh polisi, tidak ada salahnya memiliki rekaman insiden tersebut,” ujar Petersen, kepada Business Insider.

“Polisi saat ini memiliki banyak kamera pada tubuhnya, maka ini bisa menjadi hal yang sama untuk masyarakat sipil,” lanjutnya.

Petersen telah mengembangkan fitur ini sejak tahun 2018 silam. Namun, sejak arus demonstrasi menyusul tewasnya warga kulit hitam AS, George Floyd, oleh polisi bernama Derek Chauvin, Petersen mengembangkan kembali fitur buatannya ini.

Seorang warga melintasi mural dengan gambar wajah George Floyd di Taman Mauer, Berlin, Jerman.
Foto: Odd ANDERSEN / AFP

Jika kamu penasaran, aplikasi Shortcut dapat diunduh di iPhone atau iPad yang telah menggunakan iOS 12. Setelah itu, perintah “I’m getting pulled over” dapat dicari dan diunduh. Setelah selesai diunduh, seharusnya perintah sudah dapat dijalankan.

Jika belum, kamu perlu memberikan akses untuk Untrusted Shortcuts lewat Settings. Caranya, masuk ke aplikasi Settings, pilih Shortcuts, kemudian klik pada bagian “Allow Untrusted Shortcuts” untuk memberikan akses.

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!