HETANEWS.COM

Dugaan Pungli di Beberapa SDN di Simalungun Dalam Penyelidikan Tipikor Porles Simalungun, Janulingga Damanik Mengaku Diperiksa

Janulingga Damanik saat memberikan keterangan kepada para wartawan.

Simalungun, hetanews.com - Dugaan pungutan liar (Pungli) di beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN), di Kabupaten Simalungun, sedang dalam penyelidikan tim Tipikor.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, Janulingga Damanik.

"Pemberitaan terkait pungli tersebut sudah diselidiki oleh tim Tipikor. Karena baru semalam, saya diperiksa oleh tim Tipikor Polres Simalungun dan biarlah yang berwajib melakukan penyelidikan,”ujarnya menjawab konfirmasi wartawan, Selasa (23/6/2020).

Masih kata Janulingga, pihaknya juga telah memanggil oknum Kepala Sekolah (Kasek) yang sempat diberitakan tersebut. Dan pada saat pemanggilan itu, dia menanyakan langsung kepada Kasek dan telah membuat surat pernyataan, bahwa tidak ada melakukan pungli.

"Kita sudah memanggilnya. Dan Kasek yang sempat diberitakan itu, juga sudah membuat pernyataan, tidak ada pungli. Selanjutnya, kepala sekolah itu juga siap memanggil para orang tua,"ujarnya.

Saat disinggung media ini, kalau ada sekolah yang ‘mematok’ untuk mengambil SKHL, apa itu tidak pungli? Janulingga mengatakan, kalau pengakuan beberapa sekolah, mereka merapatkannya dengan para orangtua siswa. Dan para orang siswa itu yang memberikan uang terimakasih kepada guru yang telah mendidik anaknya, ujarnya.

Surat edaran Dinas Pendidikan Simalungun terkait larangan pungli di sekolah.

"Kalau dipatok, memang itu pungli. Tapi ada di beberapa sekolah yang telah kita tanyakan langsung, kalau mereka tidak melakukan pungli. Dan mereka mengaku, itu hanya uang terimakasih dari orangtua siswa dan mereka tidak ada melakukan pematokan,"ujarnya.

Dan Dinas Pendidikan Simalungun, sebelum pengambilan SKHL sudah membuat edaran agar tidak ada pungli di sekolah, tegasnya.

Baca juga: Binton Tindaon: Tidak Ada Tolerir untuk Kasek yang Lakukan Pungli di Sekolah

Baca juga: Ada Dugaan Pungli di SD Negeri 094153 Karangsari, Bupati Simalungun Harus Tegas

Kembali ditegaskannya kepada hetanews, kalau memang ada yang melakukan pungli, seperti Kasek langsung melakukan ‘pematokan’ buat mengambil SKHL, maka silahkan dilaporkan langsung.

"Silakan laporkan langsung kalau ada kepala sekolah melakukan pungli. Kalau memang ada dan benar, kita akan lakukan tindak tegas kepada pelaku pungli," tegasnya.

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan