HETANEWS.COM

Positif Corona, 9 Warga Medan Jalani Isolasi Mandiri di Gereja GBKP KM 4

Lokasi sembilan warga yang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Medan, hetanews.com - Sebanyak sembilan warga Kota Medan yang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri di Gereja GBKP KM 4, Padang Bulan Medan. Kesembilan warga tersebut dinyatakan orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 usai menjalani test swab massal yang diselenggarakan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (8/6/2020).

Lurah Padang Bulan, Zulfahmi Tarigan berdasarkan hasil swab test massal yang diselenggarakan BTKLPP Kelas I Medan, enam orang warga dinyatakan positif Covid-19. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, warga yang positif bertambah tiga orang.

"Setelah ditelusuri ke orang terdekat, total pasien positif bertambah tiga orang menjadi sembilan orang positif Covid-19," kata Zulfahmi, Selasa (23/6/2020).

Pihak Gereja GBKP KM 4 kemudian memfasilitasi kesembilan warga tersebut untuk menjalani isolasi mandiri di salah satu gedung gereja.

"Proses isolasi mandiri langsung diawasi oleh Puskesmas Padang Bulan selaku bagian dari Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Medan Baru," kata Zulfahmi.

Zulfahmi mengatakan kesembilan warga tersebut sudah menjalani isolasi mandiri di gereja selama 10 hari. Selanjunya, mereka akan menjalani pemeriksaan swab ulang.

"Mereka akan menjalani pemeriksaan swab ulang. Apabila hasilnya negatif, mereka akan dipulangkan ke rumah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 KM 4 Robinson Ginting mengungkapkan sembilan orang yang positif Covid-19 merupakan jemaat dari Gereja GBKP KM 4. Secara fisik, kesembilan warga tersebut dalam keadaan sehat.

"Secara fisik mereka kuat. Namun untuk memutuskan mata rantai penyebaran, kami memutuskan memfasilitasi mereka untuk menjalani isolasi mandiri di Gereja KM 4," kata Robinson.

Selama menjalani proses isolasi mandiri, kesembilan warga tersebut mendapatkan pengawasan langsung tim kesehatan. Selain itu, proses isolasi disesuaikan dengan standar penanganan Covid-19 yang sudah ditetapkan.

"Jadi proses penanganan mereka sama dengan rumah sakit ditambahkan dengan penguatan iman yang diberikan langsung oleh Pendetam," kata Robinson.

sumber: inews.id

Editor: Sella Simorangkir.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan