HETANEWS.COM

Binton Tindaon: Tidak Ada Tolerir untuk Kasek yang Lakukan Pungli di Sekolah

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Simalungun, Binton Tindaon saat diwawancarai wartawan.

Simalungun, hetanews.com - Terkait beberapa sekolah, di Kabupaten Simalungun yang nekat melakukan pungutan liar (Pungli), ditanggapi serius oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Simalungun, Binton Tindaon dan berjanji akan memanggil Dinas Pendidikan untuk mempertanyakan masalah itu.

"Kita besok akan rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak Dinas Pendidikan dan saya akan mempertanyakannya langsung,"ujar Binton, Senin (22/6/2020).

Masih katanya, dia juga akan mendesak Kepala Dinas Pendidikan agar Kepala Sekolah (Kasek) yang melakukan pungli dipecat.

"Besok akan kita tanya langsung, kalau memang benar adanya, kita akan mendesak agar kepala sekolah yang melakukan tindakan tercela tersebut dicopot,"ujarnya geram.

Binton juga menambahkan, DPRD juga akan meminta Dinas Pendidikan agar lebih memperhatikan bawahannya.

Baca juga: Ada Dugaan Pungli di SD Negeri 094153 Karangsari, Bupati Simalungun Harus Tegas

"Sesuai dengan himbauan yang sudah kita lakukan, melalui Komisi IV, bahwa kutipan seperti itu tidak dapat ditolerir, namun masih tetap ada kutipan seperti ini, maka untuk melihat kejelasannya, kami akan RDP besok dengan Dinas Pendidikan  Simalungun,"ujarnya.

Seperti diketahui, bahwa dalam Peraturan Menteri Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 44 Tahun 2012 Tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Dasar, dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

Pungutan jenis apapun di sekolah negeri saat lulus ataupun penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari tingkat SD, SMP dan SLTA sederajat yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat ataupun daerah. Pemerintah menjamin pendidikan dasar tanpa pungutan, terutama untuk pendidikan SD, SMP dan SMA atau SLTA sederajat. Aturan itu juga memuat ancaman sanksi bagi yang melanggar. Bagi yang melanggar mendapat sanksi disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan hukum pidana (penjara).

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan