HETANEWS.COM

Polemik Hubungan 'Terlarang' Kemendikbud dan Netflix soal Program Tayang di TVRI

Jakarta, hetanews.com - Film-film dokumenter orisinal Netflix telah tayang perdana di saluran televisi TVRI. Untuk tayangan pertama, TVRI dan Netflix menayangkan film dokumenter berjudul "Our Planet" pada Sabtu (20/6) pukul 21.30 WIB.

Indonesia boleh berbangga, pasalnya Netflix untuk pertama kalinya di dunia menayangkan program orisinalnya di televisi. Bisa dibilang TVRI, menjadi stasiun televisi pertama di dunia yang menayangkan film Netflix di TV.

Namun, program yang dilaksanakan lewat kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini mendapatkan kritik dari berbagai pihak, seperti DPR dan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Kritik menyebut kerja sama antara Kemendikbud dan Netflix disebut sebagai hubungan 'terlarang'.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari berjanji akan berkoordinasi dengan Komisi 10 DPR-RI yang membawahi masalah pendidikan untuk membahas kerja sama Kemendikbud dengan Netflix. Kharis mengaku prihatin dengan digandengnya Netflix oleh Kemendikbud.

Dalam keterangannya, Abdul menyatakan sebaiknya TVRI bekerja sama dengan penyedia-penyedia konten lokal. Terkait posisi Netflix sendiri, Abdul mengaku hal ini masih menjadi bahasan di Komisi I, termasuk regulasi yang menjadi payung dalam mengatur Netflix sebagai platform over the top (OTT).

Sementara itu, Komisioner KPI Pusat Hardly Stefano Pariela menyayangkan kebijakan Kemendikbud yang lebih memilih berkolaborasi dengan Netflix yang merupakan penyedia konten streaming video luar negeri dari pada memberdayakan kreator konten dan lembaga penyiaran dalam negeri.

“Kami berharap melalui pertemuan berkala KPI dengan Kemendikbud, dapat dilakukan optimalisasi program siaran BdR (Belajar dari Rumah). Bukan hanya melalui TVRI, namun harapannya ada pelibatan seluruh lembaga penyiaran swasta, baik televisi maupun radio untuk dapat terlibat dalam menyebarluaskan program siaran belajar dari rumah,” ujar Hardly, dalam keterangan di situs KPI.

Lipsus, Sensor konten digital oleh KPI, Komisioner KPI Hardly Stefano
Komisioner KPI Hardly Stefano.

Menurut Hardly, saat ini ada beberapa lembaga penyiaran telah memiliki program yang dapat disesuaikan konsepnya atau pun dapat dibuat program siaran baru yang disupervisi oleh Kemendikbud untuk mendukung program siaran Belajar dari Rumah.

"Dengan demikian di satu sisi, para pelajar mendapatkan materi pembelajaran yang menyenangkan, sedangkan di sisi lain keberlangsungan lembaga penyiaran nasional juga dapat diperkuat," jelasnya.

Pada awal pelaksanaan siaran Belajar dari Rumah, KPI sempat berkomunikasi dengan Kemendikbud terkait adanya pengaduan masyarakat terhadap konten program tersebut yang dinilai dapat memberi kesan dan pesan yang keliru kepada anak, dalam menyimak materi siaran belajar.

  • Siaran Netflix di TVRI upayakan akses gratis untuk anak-anak

Penayangan film-film dokumenter Netflix di TVRI akan menjadi alternatif belajar bagi para siswa di tengah pandemi virus corona melalui program Belajar dari Rumah. Tujuannya agar semua anak di Indonesia bisa mendapatkan akses menonton konten edukatif Netflix secara gratis.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, dalam siaran pers yang diterima, Rabu (17/6).

Film-film dokumenter Netflix ditayangkan di TVRI setiap Sabtu, pukul 21.30 WIB mulai 20 Juni 2020. Kemudian film-film itu akan ditayangkan ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB.

Film dokumenter Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah antara lain 'Our Planet', 'Street Food: Asia', 'Tidying Up with Marie Kondo', 'Spelling the Dream', 'Chasing Coral', dan 'Night on Earth'. Film-film ini akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!