HETANEWS.COM

Tips Mengedukasi Anak Tentang HIV

Ilustrasi keluarga.

Hetanews.com - Sebagai orang tua, Anda selalu ingin melindungi dan menjaga anak Anda supaya sehat, terutama supaya terhindar dari penyakit berbahaya seperti HIV.

Dengan pesatnya peningkatan jumlah anak muda yang terkena HIV saat ini, sangatlah penting untuk Anda mempersenjatai diri dengan pengetahuan mengenai cara untuk membantu anak muda menghindar dari infeksi dan bagaimana cara mendukung anak Anda jika ia positif HIV.

Cara mengedukasi anak Anda mengenai HIV

Jadilah contoh yang baik

Faktanya, anak Anda meniru perilaku Anda. Hal ini menjelaskan mengapa Anda harus mencontohkan perilaku tepat yang menekankan pada pemecahan masalah dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang ada.

Selain itu, ketika Anda tidak mendiskriminasi atau berprasangka terhadap orang lain, terutama terhadap orang yang memiliki HIV, anak Anda akan mengikuti perilaku Anda. Ia akan memahami bahwa kontak biasa tidak akan membuatnya tertular. Hal ini tidak hanya akan berdampak pada dirinya sendiri namun juga pada komunitas di mana ia tinggal.

Persiapkanlah diri Anda dengan pengetahuan

Memang benar bahwa Anda sebagai orang tua bertanggung jawab untuk mengedukasi diri sendiri sebelum mengedukasi anak Anda mengenai HIV/AIDS, sehingga Anda dapat membantunya menghindari penyakit mematikan tersebut.

Sewajibnya, Anda harus tahu mengenai cara HIV ditularkan dan cara pencegahannya, dan kemudian Anda dapat mengajari anak Anda untuk melindungi dirinya sendiri.

Jika dibutuhkan, Anda dapat mengambil beberapa kelas kursus yang ditawarkan oleh sejumlah lembaga komunitas untuk mendapatkan pengetahuan yang memadai.

Ajarilah mereka mengenai bahaya penggunaan alkohol/obat

Anda harus mengajarkan pada anak Anda hubungan antara penggunaan alkohol/obat dengan HIV/AIDS. Penggunaan alkohol dan obat dapat membuat anak Anda berisiko tertular HIV. Alkohol dan obat dapat mendorongnya pada hubungan seks bebas tanpa disadari.

Di sisi lain, penggunaan obat intravena diketahui dapat menyebabkan anak Anda tertular HIV. Oleh karena itu, disarankan supaya Anda mengedukasi anak Anda mengenai resiko yang datang bersama dengan penggunaan alkohol/obat.

Cara mendukung anak Anda yang memiliki HIV

Bantulah mereka mencegah penyakit

Faktanya, sangatlah menakutkan jika anak Anda yang memiliki HIV jatuh sakit. Namun, Anda dapat membantunya mencegah penyakit dengan mendorongnya untuk mendapatkan perawatan kesehatan, obat dan gizi yang memadai untuk kesehatan yang baik.

Anda tidak dapat selalu mencegah penyakit, namun Anda dapat membantu anak Anda tetap sehat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan anak Anda mendapatkan vaksinasi dan terus mengikuti vaksinasi yang terbaru.

Kebanyakan anak yang positif HIV dapat menerima vaksin yang sama dengan yang diterima oleh anak-anak lain. Jika sistem kekebalan tubuh anak Anda lemah, Anda harus berkonsultasi pada dokter anak Anda terlebih dahulu.

Oleh karena sistem kekebalan tubuhnya yang berfluktuasi, Anda harus mengingatkan anak Anda untuk tetap bersih dengan menjaga kebersihan dengan baik, mencuci tangan dengan seksama untuk melindungi dirinya sendiri dari penyakit.

Bantulah mereka minum obat

Sangatlah penting untuk anak Anda meminum obat anti-HIV secara konsisten. Apapun terapi obat yang digunakannya, Anda harus membantu anak Anda meminum obat pada waktu yang sama setiap hari. Perhatikan jika obat anti-HIV anak Anda harus dikonsumsi dengan makanan.

Selain membantu anak Anda meminum  obat, Anda harus ingat bahwa Anda melatih anak Anda untuk meminum obatnya sendiri sepanjang hidupnya. Anda dapat mencapai hal ini dengan memberi anak Anda beberapa batang coklat atau minuman manis sebagai penghargaan.

Memberikan obat anti-HIV pada anak Anda secara rutin berarti Anda membantu untuk menjaga anak Anda tetap sehat. Ini merupakan peran penting Anda sebagai orang tua dalam mengedukasi anak Anda mengenai HIV dan juga membantunya supaya tidak terinfeksi.

Jika anak Anda didiagnosis dengan HIV, Anda harus tahu cara yang tepat untuk mendukungnya, kemudian membuatnya memahami bahwa Anda selalu menyayangi mereka lebih dari yang dapat diungkapkan oleh kata-kata.

Sumber: hellosehat.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!