HETANEWS.COM

Ini Alasan Fraksi di DPRD Siantar Menolak Pembahasan LKPJ Walikota

Paripurna LKPJ Walikota Senin 15 Juni 2020.

Siantar, hetanews.com - Rapat paripurna pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban [LKPJ] Walikota atas pelaksanaan APBD TA 2019 gagal digelar. Diakibatkan sejumlah fraksi di DPRD Pematangsiantar menolak LKPJ Walikota.

LKPJ yang dijadwal Senin (15/6) Kemarin  hingga hari belum dijadwalkan ulang. Kemarin, sebelum rapat dibuka peserta rapat tidak kuorum. Hanya 3 fraksi di DPRD dengan 11 orang anggota DPRD yang hadir. Yakni fraksi PDIP, Demokrat dan PAN Persatuan Indonesia. 

Wakil Ketua DPRD, Mangatas Silalahi, yang juga menjabat sebagai Ketua Golkar Pematangsiantar, mengakui Fraksi Golkar DPRD tak ikut paripurna LKPJ. 

Disinggung alasannya, Mangatas berpendapat penolakan LKPJ Golkar konsisten dengan usulan pemberhentian Walikota Hefriansyah oleh Pansus Hak Angket ke MA RI. Pun demikian, pihaknya menghormati putusan MA tersebut. 

"Gak ada lagi itu. Itu salah satu alasan kita. Dengan situasi seperti itu kami belum bisa terima," 

"Kalau kita Golkar kenapa kita gak hadir, iya LKPJ gak kita ...  karena itu menyangkut Walikota. LKPJ ini kan perorangan [Walikota], takutnya kita masuk ribut lagi," kata Mangatas kepada wartawan di perkantoran DPRD. 

Salah satu Fraksi yang hadir saat paripurna pembahasan LKPJ adalah Fraksi PDIP. Timbul Lingga, Ketua DPRD sekaligus Ketua Partai PDIP Pematangsiantar tampaknya tidak sepakat dengan alasan Mangatas.

Menurut Timbul Lingga, alasan Fraksi Golkar menolak hadir masih perlu dipelajari. "Kurang paham aku, masih ku pelajari. lKPJ ada kaitan keputusan MA kurang tau lah ya," katanya.

Timbul, yang dicecar wartawan kapan penjadwalan ulang Paripurna LKPJ belum memberi penjelasan rinci. Bila LKPJ tak digelar menurutnya akan disahkan melalui Peraturan Walikota atau Perwa. "Kalau tidak lanjut ya Perwa," pungkasnya. 

Baca juga: Paripurna Gagal, LKPJ Walikota 2019 Terancam

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!