Siantar, hetanews.com - Minyak goreng curah beredar luas di pasar tradisional, grosir kecil dan warung di Pematangsiantar. Meski masih diperbolehkan dikonsumsi, namun ditemukan minyak curah tanpa kemasan premium didistribusikan di pasaran.

Penulusuran aliansi lembaga swadaya masyarakat, Rumah Kita, baru baru ini menemukan perdagangan minyak curah tanpa kemasan di Pematangsiantar. Selain diduga tidak memakai kemasan premium, disinyalir minyak curah tanpa standar penyulingan. 

Penyaluran minyak ini juga dikemas menggunakan drum dan didistribusikan menggunakan mobil tangki ke berbagai pasar. 

"Dari hasil penelusuran kita di lapangan ada dua penyalur minyak curah di Siantar yang kita dapati mengedarkan minyak curah tanpa kemasan premium. Keduanya Toko Lili dan PT ATT atau PT Semek," ujar Marganda Napitu kepada Hetanews, Kamis (18/6/2020)

Dijelaskan Ketua LSM Leppansi ini, Permendagri No 36 Tahun 2020 tentang minyak goreng tanpa kemasan dijelaskan bahwa, minyak goreng curah harus memiliki kemasan premium. Kedua penyalur disinyalir tak mematuhi aturan tersebut.

"Tidak memiliki kemasan seperti seperti label nama barang, merek dagang, kode produksi, berat netto dan tanggal kadaluarsa. Jadi minyak curah ini diperdagangkan hanya pakai plastik diikat karet gelang," jelasnya.

Aliansi Rumah Kita, kata Marganda, juga menerima informasi dari masyarakat jika Distributor itu juga tidak memiliki izin usaha resmi dari Pemerintah Kota Pematangsiantar. 

"Kita sudah tinjauan ke masing masing tempat Distributor sekaligus melayangkan surat somasi agar memberikan klarifikasi. Namun sejauh ini kedua pengusaha belum memberikan penjelasan," ungkapnya. 

Hetanews berupaya menghubungi kedua distributor untuk mengkonfirmasi hasil temuan Aliansi Rumah Kita. Namun sejauh ini kedua pengusaha itu belum berhasil ditemui. 

Sementara, L Sihombing, salah satu pedagang di Pasar Dwikora diwawancarai Hetanews beberapa waktu lalu, mengakui adanya perdagangan minyak goreng  curah tanpa kemasan di pasar Dwikora. 

Baca juga: Minyak Curah Masih Diedarkan di Pematangsiantar