Siantar, hetanews.com - Kasus Covid 19 di Siantar hingga saat ini menunjukkan peningkatan. Guna mengantisipasi, penyelenggaraan ibadah pun ditutup. Kini tempat tempat ibadah itu ada yang sudah dibuka dengan ketentuan dan syarat protokol kesehatan Covid 19.

Tempat ibadah yang diperbolehkan buka adalah rumah ibadah yang berada di kecamatan zona kuning dan hijau. Sementara kecamatan yang zona merah belum diizinkan buka. 

"Rumah ibadah yang bisa dibuka yakni rumah ibadah yang berada di zona kuning yakni Siantar Sitalasari Siantar Martoba dan zona hijau Siantar Marimbun," ujar Jubir GTPP Covid 19, Daniel Siregar, via live streamin, Senin (16/6/2020).

Warga yang tinggal di zona merah tidak disarankan untuk beribadah ke zona kuning atu zona hijau.

"Penduduk yang berada di zona Merah hendaknya tidak beribadah di zona kuning dan hijau. Penduduk yang beribadah, hendaknya adalah warga yang tinggal di tempat rumah ibadah yang melakukan ibadah tersebut," katanya.  

Untuk wilayah zona hijau dan kuning yang membuka rumah ibadah, setiap jemaah harus mengikuti kriteria; harus dalam kondisi sehat, menggunakan masker sejak keluar rumah sampai ke rumah ibadah, dan dari rumah ibadah ke rumah masing masing.

Menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sabun atau handsanitizer. Menghindari kontak fisik berupa bersalaman atau berpelukan dan menjaga jarak minimal 1 meter.

Kemudian menghindari  berkumpul dirumah ibadah selain untuk kepentingan ibadah yang sifatnya wajib dan
anak anak dibawah usia 12 tahun serta  lanjut usia dan orang yang dengan sakit bawaan dilarang beribadah.

"Kepada pengawas dan pengelola rumah ibadah  agar melakukan kordinasi dan berkonsultasi kepada pihak yang berwenang terutama mengenai standar rumah ibadah dan hal hal yang dipersiapkan dirumah ibadah," kata Daniel.

Baca juga: Update: 26 Positif Di Siantar, Ini Persebaran Covid 19 Per Kecamatan