HETANEWS

Terlihat Ada Polwan Polresta Siantar Berjilbab pada Perayaan HUT Siantar 144

Dua orang Polwan Polresta Siantar yang menggunakan jilbab ketika melakukan pengamanan saat karnaval Mobil Hias, rangkaian HUT kota Siantar 144, Jumat (24/4). (Foto Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com- Ada pemandangan sedikit asing pada saat para karnaval mobil hias. Ada dua Polwan dari Polresta Siantar yang mengenakan Jilbab ketika melakukan tugas pengamanan terhadap warga Siantar, yang ingin menyaksikan berbagai kegiatan yang ada, Jumat (24/4), di depan Balai Kota Pemko Siantar, jalan Merdeka.

Kepolisian Republik Indonesia sudah mengeluarkan Keputusan Kapolri No 245/III/2015 tentang perubahan atas sebagian surat keputusan Kapolri no pol SKEP/702/X/2005 tanggal 30 September 2006, tentang sebutan penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri.

Dalam surat kapolri tersebut, kata Kapolres Siantar AKBP Slamet Loesiono, dibebaskan para polwan untuk menggunakan jilbab ketika melakukan tugasnya di lapangan. “Saya tidak ada memerintahkan agar wanita muslim untuk menggunakan jilbab, tapi itu semua karena kesadaran mereka sendiri,” ungkapnya.

Lanjut Slamet, apa yang mereka lakukan sesuatu yang telah diperbolehkan sesuai dengan surat kapolri. “Kalau pengen tahun mengapa mereka menggunakan jilbab, silahkan langsung wawancarai mereka,” kata AKBP Slamet.

Pemandangan polwan berjilbab semakin menyemarakkan perayaan HUT Siantar ke 144. Kedua polwan tersebut tidak ada canggung ketika menjalankan tugasnya. Kondisi ini semakin membuat kota Siantar lebih beragam dan ingin menunjukkan kepada publik, di kota berhawa sejuk ini, keberagaman umat beragama sangat dijunjung tinggi.

Penulis: tom. Editor: ebp.