HETANEWS.COM

HUT Siantar, dari Pawai Mobil Hias, Artis Ibukota Hingga Makan Gratis 10 Ribu Orang

Peserta pawai karnaval budaya yang memakai pakaian adat Nias yang turut memeriahkan acara HUT kota Siantar yang ke 144, di Balai Bolon Pemko Siantar, jalan Merdeka, Jumat ( 24/4 ). (Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com- Disaksikan ribuan warga yang datang berduyun-duyun meski terik mentari menyengat, Walikota Siantar Hulman Sitorus SE didampingi unsur pimpinan daerah mengangkat bendera, pertanda dimulainya pawai kendaraan hias di depan Balai Kota, Jumat siang (24/4).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 25 kendaraan hias, yang dominan menggambarkan keragaman etnik di kota berhawa sejuk ini, digelar dalam rangkaian HUT Kota Pematangsiantar ke 144.  Selain instansi Pemko Siantar yang tampil dengan nuansa keragaman etnik seperti Simalungun, Jawa, Toba, Melayu, Mandailing, Karo, Nias, Aceh dan Melayu, pawai kendaraan hias ini juga disemarakkan dengan hadirnya kendaraan hias milik PT STTC dan Taman Hewan Siantar.

Apalagi kendaraan hias milik Taman Hewan, yang didesain sedemikian rupa mirip dengan kondisi hutan, juga membawa serta sejumlah hewan-hewan yang telah diawetkan. Bahkan sepanjang jalan, tampak dua orang petugasnya berpakaian ala “Tarzan” memainkan ular piton hidup yang telah jinak.

Sepanjang tepi jalan yang dilintasi mulai dari Jalan Merdeka – Ahmad Yani – Justin Sihombing – Sang Naualuh- Sutomo – Diponegoro- Gereja – MH Sitorus – Adam Malik dan berakhir di terminal bus Pariwisata, ribuan warga menyambut dengan antusias. Spontan mereka tampak mengabadikan momen yang digelar setiap tahunnya ini dengan kamera maupun telepon genggamnya, sembari melambai-lambaikan tangan kepada peserta pawai.

Dengan pengawalan ketat dari Satuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polresta Siantar dan Dinas Perhubungan serta ambulance Dinas Kesehatan, pawai kendaraan hias ini berjalan lancar. Menurut Ketua Panitia Pelaksana dan Sekretaris Perayaan HUT kota Siantar ke 144, Drs M Akhir Harahap dan Dra Fatimah Siregar, kegiatan perayaan puncak akan berakhir, Sabtu malam (25/4).

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari Sabtu ini akan diawali dengan acara ziarah ke makam leluhur kelurga Kerajaan Siantar di kompleks Pematang, penampilan para artis ibukota yang disponsori oleh PT STTC, serta makan malam gratis untuk 10.000 orang.

Peserta yang ingin bergabung untuk makan bersama ini dipersilahkan datang ke Lapangan Adam Malik dan meminta kupon kepada panitia yang ada di lokasi. Kegiatan makan gratis ini akan dimulai sejak pukul 14.00 Wib.

Penulis: tom. Editor: ebp.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!