Siantar, hetanews.com - Sebelumnya, pemerintah menutup sejumlah tempat keramaian, di seluruh Indonesia karena bencana nasional Covid-19.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, masyarakat diminta melakukan social distancing, menggunakan masker, menghindari kerumunan dan melakukan aktifitas, di rumah saja.

Meski bencana ini masih berlangsung, pemerintah telah mengambil kebijakan lain untuk membuka sejumlah kegiatan usaha yang boleh beroperasi secara terbatas dan tetap berpedoman pada aturan protokoler kesehatan Covid-19.

Sejumlah tempat yang boleh dibuka secara terbatas antara lain, Rumah Makan/Cafe, Taman Hewan, kolam renang dan bioskop.

Tim GTP2 saat melakukan peninjauan sebelum THPS dibuka. (foto/ay)

Hal itu tertuang dalam surat edaran  Walikota Siantar No.440/2004/IV/2020.

Berdasarkan hal itu, Taman Hewan Pematangsiantar (THPS) resmi beroperasi kembali, pada hari ini, Sabtu (13/6/2020).

Demikian dikatakan manager THPS, Sandha Octavia Perkasa, ketika dikonfirmasi Wartawan, siang tadi.

Menurut Sandha, jika sehari sebelum dibuka, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2)  Covid-19 Pemko Pematangsiantar, Dinas Pariwisata dan PMI telah melakukan peninjauan, guna memastikan kesiapan THPS menyambut pengunjung.

Tim GTP2 saat melakukan peninjauan sebelum THPS dibuka. (foto/ay)

"Kami telah memenuhi semua persyaratan protokoler kesehatan Covid-19, seperti sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di depan pintu masuk dan juga di dalam lokasi taman, mempersiapkan tenaga medis untuk mengukur suhu pengunjung yang akan masuk, juga memastikan setiap pengunjung dan petugas menggunakan masker," jelas Sandha.

Pihak THPS juga bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan PMI untuk tetap siaga memantau pengunjung.

Di hari pertama, pengunjung sudah mulai mendatangi Taman Hewan  Siantar yang merupakan tempat rekreasi dan edukasi kebanggan kita Siantar.

Karena taman hewan Siantar ini, terlengkap setelah Taman Safari dan THPS merupakan salah satu ikon Siantar.