HETANEWS.COM

Jarang Disorot, ILAJ: Penyaluran Sembako Kabupaten Simalungun 'Silence'

Siantar, hetanews.com - Cara penyaluran Sembako selama pandemi Covid 19 di Kabupaten Simalungun dan Pematangsiantar berbeda. Jika di Pematangsiantar masih terpantau, di Kabupaten Simalungun malah sebaliknya. 

Perbedaan itu dilihat dari hasil investigasi Institut Law And Justice [ILAJ] selama penyaluran Bansos Sembako oleh kedua wilayah tersebut. Tapi dua wilayah yang saling berdekatan ini hampir punya masalah serupa.

"Di Simalungun pembagiannya Silence. Padahal banyak masalahnya. Mulai data penerima Sembako dan penyaluran sembako yang tidak serentak," kata Fawer Full Fander Sihite, dalam program Hetanews 'Obrolan Si Ebong', Sabtu (6/6) pukul 19.00 WIB via live virtual Instagram.

Persamaannya, kata Ketua ILAJ ini, anggaran penyaluran sembako di Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun ini ditutup tutupi. Hasil temuan ILAJ, satu harga paket sembako di Simalungun beragam.

"Ada yang Rp 400 ribu ada Rp 600 ribu Bansos Sembako di Simalungun. Sembako yang mereka bagikan beragam. Ini yang menjadi salah satu temuan kita," lanjut Fawer. 

Dari temuan itu, ILAJ mengambil sampel 7000 KK dari penduduk di 32 Kecamatan di Simalungun, untuk mengetahui anggaran yang dialokasikan dari APBD untuk belanja Sembako. 

"Kalau di Simalungun anggaran untuk sembako berkisar Rp 4 M. Belum ADP. Tapi yang kita laporkan kerugian negara Rp 9,2 M termasuk mobil tangki dan pembangunan Rumah Sakit Covid 19 yang kita duga tidak tepat sasaran," ucapnya. 

ILAJ melaporkan dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran Covid 19 di Kabupaten Simalungun ke KPK. Demikian pula di Pematangsiantar. 

"Di Pematangsiantar, pertama kita laporkan ke ke KPK kerugian Rp 466 juta. Karena laporan ke KPK minimal Rp 1 Miliar. Laporan kedua dari pembagian sembako tahap kedua totalnya sekitar Rp 1,5 M, dari hasil temuan yang kita dapati. Dengan itu kita harap kasus itu sudah bisa ditangani KPK," ucapnya.

Tonton video selengkapnya-

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!