HETANEWS.COM

Rangkuman “Anak Seribu Pulau Episode: Solo” Belajar dari TVRI

Tangkapan Layar Program Belajar dari Rumah TVRI. Foto: DOK/TVRI

Hetanews.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Cerita Sabtu Pagi Anak Seribu Pulau dengan Episode “ Solo” pada 6 Juni 2020.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19. Berikut adalah rangkuman “Anak Seribu Pulau Episode: Solo” yang tayang pada pukul 08.00 -08.30 WIB pada Sabtu 6 Juni 2020.

Solo

Kota Solo atau yang dikenal juga dengan nama Surakarta terletak di Jawa Tengah. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo. Bagian sisi Timur Kota Solo ini dilewati oleh sungai yang sangat terkenal, yaitu sungai Bengawan Solo.

Surakarta lebih sering digunakan untuk situasi formal atau dalam bidang pemerintahan, sedangkan nama Solo atau Sala lebih merujuk pada penyebutan umum oleh masyarakat karena latar belakang budaya.

Dalam Bahasa Jawa, istilah "sura" pada Surakarta berarti keberanian, sementara "karta" berarti makmur. Surakarta diharapkan menjadi tempat orang-orang yang berani berjuang demi kemakmuran bangsa dan negara.

Laweyan

Dari sekian banyak sentra batik yang terkenal di Indonesia, salah satunya berada di Kampung Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan kawasan industri batik khas Solo yang sudah ada sejak tahun 1546.

Seni membatik tradisional yang dahulu didominasi oleh para juragan batik masih diteruskan masyarakat Laweyan hingga sekarang. Untuk melestarikan seni tersebut, Kampung Laweyan pun dirancang sebagai kampung batik terpadu.

Kampung ini berada di area seluas kurang lebih 24 hektar dan terdiri dari tiga blok. Di antara ratusan motif yang digunakan di kampung batik ini, motif Tirto Tejo dan Truntum bisa dikatakan sebagai ciri khas batik dari Kampung Laweyan.

Batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik merupakan ikon budaya Indonesia sekaligus kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari kehidupan sosial, budaya dan adat masyarakat.

Dari sekian banyak pola dan corak batik motif Tirto Tejo dan Truntum adalah yang paling khas. Motif ini juga yang mengantar batik Solo hingga ke seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!