HETANEWS.COM

Kenali Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Iustrasi fakta Tahun Baru Imlek. Foto: Suara.com/Muhaimin A Untung

Hetanews.com - Tradisi perayaan tahun baru Imlek umumnya dirayakan dengan berbagai tradisi yang berbeda. Di Indonesia, biasanya dirayakan dengan melakukan atraksi barongsai dan menggunakan dekorasi serba merah. Nah, seperti apakah tradisi unik perayaan Imlek di negara lain?

San Fransisco, Amerika

Parade naga, barongsai, dan pertunjukan budaya juga dilakukan saat Imlek di San Fransisco, Amerika Serikat. Selain itu, saat perayaan Imlek juga diadakan ajang kontes kecantikan yang  diberi nama Miss Chinatown di San Fransisco. Pada ajang itu, para wanita berkompetisi untuk mendapatkan gelar Miss Chinatown USA.

Malaysia

Di Malaysia, buah nanas menjadi hadiah yang paling populer saat perayaan tahun baru Imlek. Memberikan nanas saat tahun baru Imlek dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Warga Tionghoa di Malaysia juga akan membeli manisan buah yang melambangkan kebahagiaan.

 Filipina

Di Filipina, kue keranjang disajikan sebagai makanan pokok selama perayaan tahun baru Imlek. Warga Tionghoa di Filipina juga memberikan kue bulan dan kue beras kepada kerabat mereka.

London, Inggris

Tahun baru Imlek di Inggris dirayakan meriah dengan menggelar festival di Trafalgar Square. Ada lebih dari 100 restoran di London yang juga menawarkan menu khusus untuk menghormati perayaan tahun baru Imlek.

Hongkong

Perayaan tahun baru Imlek di Hongkong diadakan kurang lebih selama 14 hari. Satu hari menjelang perayaan, warga Tionghoa datang ke pasar bunga. Bagi warga Hongkong, beberapa bunga menjadi simbol keberuntungan.

Sydney, Australia

Beberapa bangunan megah di Sydney, seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, akan diterangi lampu-lampu merah menyala selama perayaan tahun baru Imlek. Selain itu, ada juga kompetisi perahu naga yang berlangsung di Cockle Bay.

Korea Selatan

Perayaan Imlek di Korea Selatan disebut Seollal. Saat Seollal tiba, masyarakat Tionghoa akan melakukan ibadah penghormatan kepada anggota keluarga yang sudah meninggal.

Selain itu, warga Tionghoa akan menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea) dan memainkan permainan tradisional saat Seollal. Seollal juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan saudara. Mereka akan menikmati makanan khasseperti Tteokguk (sup kue beras) dan Jeon (pancake Korea).

Sumber: bobo.grid.id

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!