HETANEWS.COM

Jet Tempur F-35 Baru Israel Memegang Iran Dalam Risiko Tidak Seperti Sebelumnya

Dua jet tempur Israel F-35 ‘Adir’ terbang dalam formasi, menampilkan bendera AS dan Israel Foto: EPA/Angkatan Udara AS/Lettu Erik D Anthony

Hetanews.com - Radar F-35 adalah yang paling canggih untuk jet tempur, menurut pengembang F-35 Lockheed Martin.

"Ini memungkinkan F-35 untuk dapat mengidentifikasi dan mencegat ancaman udara yang terbang pada ketinggian rendah dan dengan kecepatan tinggi," kata seorang juru bicara perusahaan pada 18 Desember 2019.

Itu penting mengingat ancaman yang muncul yang sekarang dihadapi Israel dari Iran dan yang didukung Iran. kelompok-kelompok seperti Hizbullah yang mencari panduan presisi untuk gudang senjata mereka. Iran dituduh menggunakan rudal jelajah untuk menyerang Arab Saudi pada bulan September.

Radar F-35 dapat berperan dalam menetralkan ancaman semacam ini. Gary North, wakil presiden untuk persyaratan pelanggan untuk Lockheed Martin mengatakan bahwa radar F-35 AN / APG-81 AESA dapat memungkinkan intersepsi ancaman udara rendah.

Sebuah jet tempur Angkatan Udara Israel F-35 terbang selama demonstrasi udara, pada upacara kelulusan pilot Angkatan Udara Israel di pangkalan udara Hatzerim di Israel selatan, pada tanggal 27 Desember 2017.
Foto: Reuters/Amir Cohen
Sebuah jet tempur F-35 dalam penerbangan.
Foto: Reuters/Korps Marinir Amerika Serikat

Radar adalah elemen kunci dari F-35 yang dipasok oleh Northrop Grumman. Ini adalah array yang dipindai secara elektronik aktif yang menyediakan kesadaran situasional dan pandangan dari ruang pertempuran.

“Sifat AESA yang dipindai secara elektronik memungkinkannya memindai dengan cepat segala arah, dibandingkan dengan radar yang dipindai secara mekanis,” jelas Avionics International. Ini menyatukan data dan memungkinkan F-35 untuk melakukan misinya dalam kombinasi dengan semua teknologi lain dan tautan data yang digunakan militer generasi kelima saat ini.

Missile Defense Review mencatat pada awal 2019 bahwa F-35 dapat "melacak dan menghancurkan rudal jelajah musuh" dan menunjukkan bahwa pesawat akan memiliki kemampuan pertahanan rudal lainnya.

Israel memodifikasi F-35 Adir untuk menghadapi ancaman unik yang dihadapi negara dan memenuhi kebutuhannya. Ketinggian yang rendah dan rudal yang dipandu dengan presisi adalah salah satu ancaman yang dihadapi Israel, meskipun memindai ancaman seperti itu biasanya bukan pekerjaan pesawat tempur seperti F-35.

Ini adalah foto pesawat Israel F-35 di atas Beirut.
Foto: Perusahaan Berita Televisi Israel/Tangkapan layar
Sebuah pesawat F-35B yang membawa senjata eksternal, lepas landas dari USS Amerika.
Foto: Lockheed Martin

Israel memiliki pertahanan udara berlapis-lapis yang canggih, seperti Iron Dome dan David's Sling yang digunakannya untuk menghadapi ancaman roket.

Dalam dua tahun terakhir, lebih dari 2.600 roket telah ditembakkan dari Gaza ke Israel dan jaringan IRGC Iran di Suriah telah menembakkan roket dan menyerang Israel dengan drone setidaknya lima kali sejak Februari 2018.

F-35 Israel telah beroperasi sejak Desember 2017 dan pada musim panas 2019, ia telah menerima 16 dari 50 yang akan diterimanya pada 2024. Israel telah menggantikan F-35 yang diterimanya dengan pesawat tempur lainnya, termasuk F-15 yang telah dimodifikasi Israel di masa lalu, yang juga memiliki radar canggih. Ini termasuk F-15D dan F-15 yang dimiliki Israel di angkatan udaranya.

Peningkatan penduduk asli selalu menjadi keahlian Israel. Itu upgrade F-15 yang lebih tua di masa lalu, berkonsentrasi pada radar yang lebih baik, data link dan suite peperangan elektronik. Melihat rudal jelajah terbang rendah telah menjadi masalah yang berusaha dihadapi oleh para perancang radar selama beberapa dekade terakhir.

Sebuah jet tempur F-35 Israel tampil dalam pertunjukan udara di upacara wisuda pilot Israel di pangkalan Angkatan Udara Israel Hatzerim, 27 Juni 2019.
Foto: Getty Images/AFP/Jack Guez
Pesawat tempur Angkatan Udara Amerika Serikat F-35A.
Foto: Breaking Defense

Namun, jika F-35 digunakan untuk melawan rudal jelajah dengan sendirinya, ia mungkin perlu membawa amunisi eksternal yang meniadakan silumannya secara eksternal, satu laporan mengindikasikan; alasan tambahan bahwa menggunakannya dalam kombinasi dengan pesawat atau sistem lain dapat memaksimalkan kemampuan masing-masing.

Sebuah makalah tentang Neraca Militer 2019 oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis mencatat bahwa UAV dengan tanda tangan radar dan “amunisi berpandu presisi dan rudal jelajah serangan darat (LACM) yang berkurang,” adalah salah satu dari banyak tantangan untuk “target tradisional yang ditetapkan , ”Wajah negara.

Israel mencatat ancaman itu, terutama di tengah proliferasi rudal jelajah Iran dan latihan militer yang sering dilakukan Teheran dengan rudal jelajah, rudal balistik, dan drone. Rudal jelajah yang dirancang Iran dan amunisi yang melayang-layang, sering disebut pesawat bunuh diri, telah digunakan oleh pemberontak Houthi melawan Arab Saudi.

Iran telah menguji coba rudal jelajah anti-kapal dan mengklaim salah satu rudal jelajahnya memiliki jangkauan 2.000 km. Menurut sebuah penyelidikan serangan Abqaiq, Washington telah menilai bahwa drone dan rudal jelajah datang dari utara Abqaiq, melakukan perjalanan sekitar 200 km barat laut dari target.

Kepala kru Lockheed Martin memberi sinyal kepada pilot F-35A Lightning II bahwa pengganjal roda pesawat telah ditempatkan, tanggal 4 Februari 2019 di Luke Air Force Base, Arizona.
Foto: Angkatan Udara Amerika Serikat/Airman 1st Class Aspen Reid
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dengan pilot F-35 di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona. Amerika Serikat dapat memblokir penjualan F-35 ke Turki karena Turki telah membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.
Foto: New York Times/Doug Mills

Tantangan Israel dalam menghadapi ancaman serupa adalah masalah yang telah dilihat AS di masa lalu. Pada 2015 Pentagon dilaporkan mencari perisai rudal jelajah yang akan mencakup radar yang memungkinkan F-16 menembak jatuh rudal.

F-35 sekarang juga dapat mendeteksi tanda tangan inframerah dari rudal, termasuk rudal balistik. Kemampuan penuhnya, atau apakah menggunakannya sebagai bagian dari sistem pertahanan rudal bermanfaat, masih diperdebatkan di A.S.

F-35 Israel beroperasi di kawasan itu dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memperingatkan Iran bahwa pesawat-pesawat itu dapat mencapai target apa pun yang mereka butuhkan. Foto F-35 yang terbang di atas Beirut dirilis pada 2018.

Angkatan Udara Israel semakin aktif melawan pasukan Iran di Suriah dalam beberapa bulan terakhir. Menteri Pertahanan baru Israel Naftali Bennett mengatakan dia akan mengubah Suriah menjadi Vietnam Iran, dan pasukan Iran akan tenggelam di pasir gurun Suriah.

Sebuah pesawat tempur F-35 milik Angkatan Udara Israel terbang dalam demonstrasi udara pada upacara wisuda untuk pilot angkatan udara Israel di pangkalan udara Hatzerim di Israel selatan pada tanggal 29 Desember 2016.
Foto: Reuters/Amir Cohen
Pesawat F-35 Lightning II.
Foto: Lockheed Martin/The Diplomat

Sejauh ini Iran belum menembakkan amunisi presisi atau rudal jelajah dari Suriah, tetapi laporan menunjukkan bahwa itu adalah perdagangan rudal balistik ke Irak dan membantu Hezbollah untuk meningkatkan ketepatan misilnya.

Menghadapi berbagai ancaman ini adalah tantangan yang dihadapi Israel dalam beberapa tahun terakhir. Jika harus menghadapi serangan Iran yang kompleks, F-35 akan memainkan peran kunci.

Seth J. Frantzman adalah jurnalis yang berbasis di Yerusalem yang memegang gelar Ph.D. dari Universitas Ibrani Yerusalem. Dia adalah direktur eksekutif dari Pusat Pelaporan dan Analisis Timur Tengah dan seorang rekan penulis di Forum Timur Tengah.

Dia adalah penulis After ISIS: Amerika, Iran dan Perjuangan untuk Timur Tengah (Gefen Publishing yang akan datang). Ikuti dia di Twitter di @sfrantzman. Artikel ini pertama kali muncul tahun lalu dan diterbitkan ulang karena minat pembaca.

Sumber: news.yahoo.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!