HETANEWS.COM

Erick Thohir Ganti Dirut Adhi Karya, Hutama Karya, Waskita Karya, dan PTPP

Jakarta, hetanews.com - Menteri BUMN Erick Thohir terus berbenah dengan merombak jajaran direksi dan komisaris di perusahaan pelat merah. Dalam 2 hari pada Kamis (4/6) dan Jumat (5/6), Erick mencopot Direktur Utama dari empat BUMN.

Pejabat yang diganti tersebut memang tidak sedang menghadapi masalah yang ramai dibicarakan. Erick merombaknya melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Berikut ini keempat BUMN yang baru saja dirombak Erick Thohir:

  • Adhi Karya

PT Adhi Karya Tbk (Persero) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam RUPST itu, posisi Budi Harto sebagai Direktur Utama harus digantikan oleh Entus Asnawi Mukhson.

Perombakan direksi Adhi Karya juga termasuk pencopotan Fadjroel Rachman sebagai Komisaris Utama yang diganti Dodi Usoho Hargo.

Pada RUPST BUMN tersebut, juga dipaparkan penggunaan laba bersih perseroan Tahun Buku 2019 sebesar Rp 663,8 miliar. Rinciannya, sebesar 10 persen atau senilai Rp 66,4 miliar ditetapkan sebagai dividen tunai yang dibagikan kepada pemegang saham.

"Yang dibayarkan dengan ketentuan 51 persen saham atau senilai Rp 33,8 miliar merupakan dividen bagian Negara Republik Indonesia yang akan disetorkan ke Kas Umum Negara. Sementara, sebesar 90 persen atau senilai Rp 597,4 miliar sebagai Saldo Laba yang belum ditentukan penggunaannya," demikian bunyi hasil RUPST Adhi Karya, Kamis (4/6).

  • Hutama Karya

Erick Thohir merombak jajaran pengurus PT Hutama Karya (Persero), Jumat (5/6). Dalam perombakan kemarin, Erick mencopot Bintang Perbowo dari jabatan Direktur Utama.

Budi Harto Direktur Utama Adhi Karya
Budi Harto. Foto: Novan Nurul Alam

Jabatan Bintang digantikan oleh Budi Harto yang baru saja dicopot dari posisi Dirut PT Adhi Karya Tbk (Persero) atau ADHI. Selain Bintang, semua jajaran direksi diganti kecuali Aloysius Kiik Ro di jabatan wakil direktur utama dan Suroto di jabatan Wakil Direktur Utama.

Di jajaran komisaris, Erick tak merombak jajaran sama sekali. Ketujuh komisaris masih menempati posisi yang sama.

  • Waskita Karya

Setelah mencopot Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, pada hari yang sama Erick Thohir juga mengganti Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (Persero) atau WSKT.

Dalam rilis yang diterima kumparan, Erick mencopot dua direktur yaitu I Gusti Ngurah Putra dari jabatan Direktur Utama dan posisinya digantikan Destiawan Soewardjono. Lalu, Haris Gunawan dari jabatan Direktur Keuangan yang digantikan oleh Taufik Hendra Kusuma.

Di jajaran komisaris, Erick juga mencopot dua orang yaitu Agus Sartono dari jabatan Komisaris. Di posisi ini, Erick lantas mengangkat M. Fadjroel Rachman yang merupakan Juru Bicara Presiden Joko Widodo.

Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman
Fadjroel Rahman memberikan keterangan pers usai bertemu Jokowi

Sebelumnya, Fadjroel menjabat cukup lama sebagai Komisaris Utama Adhi Karya. Sedangkan satu jabatan Komisaris Independen diganti dari yang sebelumnya dijabat Aqil Irham, kini diisi oleh Bambang Setyo Wahyudi.

  • PTPP

Erick Thohir juga merombak jajaran direksi dan sebagian komisaris di PT PP (Persero) Tbk atau PTPP. Perombakan itu termasuk mengganti Direktur Utama dari yang sebelumnya Lukman Hidayat digantikan Novel Arsyad.

Proses penggantian pengurus tersebut, telah disetujui melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di Kantor Pusat PTPP Jakarta, Kamis (4/6).

"Di dalam RUPS Tahunan tersebut, terdapat 10 (sepuluh) mata acara yang dipaparkan kepada Para Pemegang Saham," ujar manajemen melalui keterangan resmi yang diterima kumparan, Jumat (5/6).

PTPP melaporkan kinerja perusahaan untuk Tahun Buku 2019 yang mencatat pendapatan usaha mencapai Rp 24,65 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 1,2 triliun.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!