HETANEWS.COM

RSUD Djasamen Tak Mampu Menampung Pasien Covid 19?

dr Ronald Saragih

Siantar, hetanews.com - Jumlah kasus Covid 19 di Pematangsiantar terus mengalami peningkatan. Data dihimpun sebanyak 17 Pasien menjalani perawatan. Lalu bagaimana kesiapan RSUD Djasamen Saragih sebagai RS rujukan Covid 19?

Informasi dihimpun, sejumlah warga di Kampung Marlegot Jalan Bah Biong Ujung, Kelurahan Sigulanggulang, Kecamatan Siantar Utara, mengikuti  rapid test Rabu (3/6). Rapid test dilakukan setelah satu warga dinyatakan positif Covid 19. 

Pasien itu kemudian menjalani perawatan di RS Tentara, karena RSUD Djasamen disebut penuh. dr Ronal membantah jika rumah sakit itu kekurangan fasilitas ruangan untuk menampung kasus Covid 19.

Saat diwawancarai, dr Ronal, yang juga Plt Dirut RSUD Djasamen Saragih ini nyatanya tak dapat merinci berapa jumlah pasien terkait Covid 19 yang saat sedang dirawat di rumah sakit plat merah tersebut.   

"Gak tau berapa itu. Pokoknya berapa belas sekarang yang dirawat itu," ucapnya, seraya bergegas masuk ke mobil dinasnya di Balaikota, Kamis (4/6/2020) Siang.

Ia menepis informasi menyebut jika RSUD Djasamen penuh. Menurutnya, sebagaian kasus PDP Covid 19 dipindah ke RS Tentara. Jika rumah sakit itu kemudian penuh, maka dapat dipindah ke RSUP Adam Malik. Itu juga berlaku bagi pasien Positif.

"Kalau PDP kita berbagi. Rumah sakit Tentara ada fasilitas, jadi suda disiapkan. Kalau penuh di oper kesana [RS Tentara] kalau penuh di oper ke Medan," bantahnya

Eks Jubir Covid 19 ini mengatakan dalam penanganan pandemi Covid 19 tidak mengenal batasan. Dia mengklaim RS Rondahaim Raya dan RS Perdagangan mampu menampung pasien dari Pematangsiantar.

"Di RS Djasamen, ada di RS Tentara, ada di RS Raya ada di Perdagangan ada di Medan. Pasien positif bisa di RS Tentara. sudah disiapkan orang itu tempatnya," ujarnya seraya menutup mobilnya.

Baca juga: Covid-19 di Kota Siantar Meningkat Tajam: 29 Kasus Positif, 3 Meninggal dan 9 Sembuh per 4 Juni

Penulis: gee. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!