Gunung Sitoli, hetanews.com - Dua narapidana (napi) atau warga binaan yang kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB GunungSitoli ditangkap. Mereka yakni Trisman Boyz Zebua dan Harris Gulo yang kabur pada Minggu (31/5/2020). Kedua napi kabur ini diamankan di perkebunan warga Desa Simandrolo, Kecamatan Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli, Kamis (4/6/2020).

"Dua warga binaan yang sebelumnya kabur sudah berhasil ditangkap. Mereka bersembunyi di perkebunan warga di Desa Simandrolo, Kecamatan Gunung Sitoli, Kota Gunungsitoli, Kamis sore," kata Soetopo Berutu, Jumat (5/6/2020).

Keberhasilan penangkapan dua warga binaan yang kabur ini dilakukan dengan menggunakan pengepungan skala besar dengan melibatkan seluruh petugas termasuk petugas TNI/Polri.

"Pengepungan dilakukan setelah kita mendapat informasi lokasi keberadaan kedua warga binaan tesebut," kata Soetopo.

Tak butuh waktu lama, petugas kemudian berhasil mengamankan kedua warga binaan tersebut. Selanjutnya, kedua dibawa ke Mapolres Nias untuk menjalani proses pemeriksaan terkait motif kedua melarikan diri,

"Sementara dibawa ke Polres Nias untuk mengetahui motif dan ke mana mereka melarikan diri," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan sanksi kepada kedua warga binaan tersebut dengan hukuman pengasingan selama enam hari dan dapat diperpanjang.

"Mereka juga tidak akan mendapatkan hak remisi di tahun ini. Layanan besuk untuk keduanya juga ditiadakan sementara waktu," kata Soetopo.

Diketahui, dua orang warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Gunungsitoli kabur pada Minggu (31/5/2020) pagi. Mereka menerobos atap lapas kemudian memanjat pagar kawat berduri saat rekan-rekannya sedang beribadah di lapangan terbuka.

sumber: iNews.id