HETANEWS.COM

Jadon Sancho, Permata Inggris yang Diasah Bundesliga

Jadon Sancho jadi buruan klub-klub besar Inggris.

Inggris, hetanews.com - Kompetisi ketat di Liga Inggris terkadang berdampak buruk pada perkembangan pemain muda. Jadon Sancho memilih menyingkir sesaat dan menimba ilmu di Bundesliga bersama Borussia Dortmund.

Potensi Sancho sebagai pemain berbakat sudah terlihat ketika Manchester City meminangnya untuk bergabung ke akademi usia muda saat 14 tahun.

Di usia belasan, Sancho tampil gemilang bersama timnas Inggris dan sukses membawa negara tersebut jadi juara Piala Dunia U-17 2017. Sancho jadi salah satu pemain kunci bersama rekan setimnya, Phil Foden, dan bomber Liverpool Rhian Brewster.

Berbeda dengan Phil Foden yang masuk skema skuat utama di Manchester City, Jadon Sancho tidak melihat peluang untuk menembus tim inti dalam waktu dekat. Alhasil, Sancho memilih untuk bergabung dengan Borussia Dortmund di Bundesliga pada 2017.

Keputusan ini bukan hal mudah lantaran pemain-pemain muda Inggris lebih banyak menghabiskan waktu di kompetisi domestik. Bahkan, Sancho tercatat jadi pemain Inggris pertama yang menjalani laga Bundesliga bersama Dortmund.

Keberanian Sancho bergabung ke Bundesliga dan memulai karier jauh dari Inggris berbuah manis. Sancho mendapat kepercayaan besar dari Dortmund yang memang dikenal punya kepercayaan tinggi untuk menurunkan pemain-pemain muda.

Setelah satu musim adaptasi, Sancho sudah menjalani 34 laga bersama Dortmund di musim kedua. Catatan golnya meningkat tajam menjadi 13 gol semusim.

Performa apik tersebut berhasil diteruskan Sancho musim ini. Berdasarkan catatan Bundesliga, Sancho sudah mencetak 17 gol dan 16 assist musim ini. Total, Sancho telah menorehkan 20 gol di seluruh kompetisi.

Sancho bahkan sukses memegang rekor sebagai pemain termuda yang mampu mencetak 30 gol di Bundesliga.

Dengan segala prestasi yang ia tunjukkan dalam tiga musim di Dortmund, klub-klub Inggris kini berebut untuk bisa memulangkan Sancho ke Inggris. Kepiawaian Sancho dalam mencetak gol dan assist membuat banyak klub Inggris tergoda untuk menggunakan tenaganya.

Manchester City, Manchester United, dan Liverpool adalah sejumlah klub Premier League yang dikabarkan ingin merekrut Sancho.

Kontrak Sancho dengan Dortmund bakal berakhir di 2022 dan itu berarti Dortmund punya kemungkinan melepas Sancho di akhir musim ini demi mendapatkan bayaran besar.

Menurut data transfermarkt, nilai Sancho saat ini ada di kisaran 130 juta euro alias Rp2 Triliun. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.