HETANEWS.COM

China Banggakan Kemampuan Riset Vaksin Corona

Ilustrasui Vaksin Corona Foto: AP/Sakchai Lalit

Jakarta, hetanews.com - Riset mengenai vaksin di China termasuk yang paling top di dunia. Demikian diklaim oleh pakar pernapasan negara itu, Zhong Nanshan.

"Sejauh ini, kita memiliki 5 vaksin (COVID-19) yang masuk dalam fase II trial klinis. Kita tidak tertinggal dari negara lain," klaim Zhong, dikutip detikINET dari CGTN.

China memang termasuk negara yang giat mengembangkan kandidat vaksin COVID-19. Terlebih virus Corona ini mewabah pertama di negara itu. Selain penelitian vaksin, ilmuwan China juga giat menulis di jurnal ilmiah tentangnya.

Sampai 10 Mei, total 2.151 artikel tentang COVID-19 telah dipublikasikan di jurnal terkemuka dan ilmuwan China disebut banyak berkontribusi.

"China berkontribusi 650 di antaranya, sekitar sepertiga, banyak yang dipublikasikan di jurnal top. Artikel itu menyediakan panduan untuk mengendalikan pandemi," kata Zhong.

"Tulisan ilmiah kita tidak hanya ditujukan buat China, tapi juga seluruh dunia," imbuhnya. Studi antara lain dilakukan untuk mencari asal muasal virus COVID-19.

Soal vaksin, salah satu perusahaan di negeri Tirai Bambu itu, perusahaan Fourth Construction Co yang adalah bagian China Electronics System Engineering, baru-baru ini mengklaim telah membangun pabrik vaksin Corona terbesar di dunia dengan kapasitas produksi 100 juta dosis per tahun.

Adapun salah satu kandidat paling menjanjikan di negara itu adalah buatan Sinovac Biotech yang berbasis di Beijing. Ilmuwan perusahaan itu mengklaim sudah berhasil uji vaksin Corona pada monyet dan berlanjut ke manusia.

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!