HETANEWS.COM

Kejari  Segera P-21 Kasus Smart City PS Kadis Kominfo Siantar

Kasi Intel, Bas Faomasi Jaya Laia dan tersangka PS. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar akan segera melakukan P-21, terhadap perkara PS dan AS.

PS selaku Kadis Kominfo Siantar dan AS sebagai PPK, dalam proyek pengadaan smart city yang menggunakan APBD Pemko Siantar TA 2017.

Sudah hampir setahun PS dan AS, ditetapkan sebagai tersangka, sejak 22 Juli 2019, lalu. Namun terhadap keduanya, belum dilakukan penahanan oleh Kejaksaan. Sehingga berbagai opini dan asumsi negatif banyak dilayangkan masyarakat pencari keadilan.

"Ada apa dengan kejaksaan Pematangsiantar yang belum atau tidak berani melakukan penahanan terhadap tersangka. Biasanya ketika seseorang ditetapkan sebagai tersangka langsung ditahan. Namun berbeda dengan kasus PS dan AS, “ungkap seorang pengacara yang cukup vokal, di kota Pematangsiantar, yang tidak bersedia disebut namanya.

Bukan hanya pengacara saja, sebahagian warga masyarakat juga berasumsi negatif dengan instansi ini, yang tidak juga melakukan penahanan terhadap PS dan AS.

Kasi Intel, Bas Faomasi Jaya Laia SH MH yang dikonfirmasi wartawan, Rabu (3/6/2020), di ruang kerjanya, membenarkan, jika pihaknya akan segera melakukan P-21 dalam perkara tersebut.

"Dakwaan dan juga pemberkasan sudah dinyatakan lengkap, sehingga dalam waktu dekat akan segera di P-21 kan, dan hal ini sesuai hasil rapat dan juga eksposs kemarin,"kata Bas.

Sedangkan masalah penahanan pasca penetapan sebagai tersangka, karena sejauh ini si tersangka masih kooperatif dan dipastikan tidak melarikan diri karena berstatus ASN. Juga terkait masalah Covid-19. Sebab kalau ditahan mau dititipkan dimana, karena Lapas tidak menerima penitipan penahanan.

Meski demikian, kita lihat nanti statusnya setelah dilakukan P-21, apakah ditahan atau bagaimana, kata Bas sembari senyum. 

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!