HETANEWS.COM

Sidang Dakwaan Kasus Jiwasraya Dimulai, Terdakwa Pakai Masker-Face Shield

Sidang Dakwaan Kasus Jiwasraya

Jakarta, hetanews.com - Jaksa penuntut umum (JPU) mulai membacakan surat dakwaan keenam terdakwa kasus Jiwasraya. Keenam terdakwa hadir di ruang sidang.

Enam terdakwa itu adalah Benny Tjokro, Komisaris PT Hanson International Tbk; Heru Hidayat, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram); Hendrisman Rahim, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero); Hary Prasetyo, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero); Syahmirwan, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero); serta terakhir Direktur PT Maxima Integra bernama Joko Hartono Tirto.

Dari pantauan di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (3/6/2020), keenam terdakwa dihadirkan ke ruang sidang. Terdakwa datang menggunakan rompi tahanan dan face shield yang menutupi muka.

Setelah mereka masuk ke ruang persidangan, rompi tahanan mereka dilepas. Namun, face shield tidak dilepas, hingga saat ini mereka masih menggunakan face shield sambil menyimak surat dakwaan yang dibacakan jaksa.Untuk diketahui, face shield digunakan sebagai upaya perlindungan diri dari virus Corona (COVID-19). Enam terdakwa melapisi bagian mulut dengan masker kemudian menggunakan face shield, sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

  • Sidang Jiwasraya Dihadiri 7 Hakim

Ada yang berbeda dalam kasus ini. Sebab, sidang pembacaan dakwaan kasus korupsi Jiwasraya kali ini ditangani oleh 7 hakim.

Ketujuh hakim itu adalah Rosmina, Saifuddin Zuhri, Anwar, Sigit, Titi Sansiwi, Susanti, dan Ugo. Rosmina mengatakan alasan sidang hari ini menghadiri 7 hakim karena pembacaan dakwaan enam terdakwa dijadikan satu.

"Jelaskan kenapa clear 7 perkara atas nama Benny majelisnya 5, yaitu Rosmina saya sendiri, Saefuddin, Susanti, Anwar, dan Pak Ugo, itu terdiri atas 5 orang, setiap terdakwa hakimnya 5 orang," kata hakim ketua Rosmina.

"Tapi, kami hadirkan 7 di sini karena kita periksa sekaligus. Jadi setiap terdakwa majelisnya 5, meski saat ini hakimnya 7 karena terdakwanya sekaligus," jelas Rosmina.Rosmina mengatakan setiap sidang pemeriksaan saksi lainnya hanya akan dihadiri 5 hakim, seperti sidang biasa. Dia menjelaskan ketujuh hakim yang datang hari ini karena hakim gabungan dari enam terdakwa.

Sumber: detik.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!