HETANEWS.COM

Pemko Diminta Tertibkan Gepeng yang Berkeliaran di Siantar

Anak asal Tanjungbalai, jadi pengemis di Siantar. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Semakin banyaknya gelandangan dan pengemis (Gepeng) berkeliaran, di kawasan Kota Siantar. Para gepeng ini, berada di pinggiran jalan ataupun di persimpangan lampu merah.

Banyak juga kelompok gepeng ini, mendatangi setiap rumah makan, cafe atau dimana orang ramai. Mereka masuk, sambil meminta - minta kepada warga yang sedang menikmati santap siang atau sarapan pagi.

Tentu saja membuat warga menjadi tidak nyaman, dengan banyaknya gepeng betkeliaran.

Untuk itu, Pemko Siantar ataupun Dinas Sosial, Satpol PP atau pihak terkait lainnya diminta segera menertibkan para gepeng itu.

Secara kebetulan, salah seorang pengemis masih anak – anak, ketika ditanya hetanews.com, di salah satu tempat makan, mengaku datang dari Tanjungbalai bersama ibunya yang diantar naik becak dan sore pulang lagi ke Tanjungbalai.

Anak berusia kurang lebih 7 tahun ini, tampak membawa mangkuk, dan meminta - minta layaknya pengemis.

"Kau masih sekolah?, dimana rumah mu, sama siapa ke mari?"tanya wartawan.

Si anak menjawab "kelas 1, dari Tanjungbalai, mamak menunggu di tempat lain”.

Dia menjawab dengan nada pelan dan suara khas Melayu dan  sedikit agak kurang jelas. Beberapa menit kemudian, si anak datang lagi, bersama anak perempuan yang lebih besar darinya dan melakukan hal yang sama, meminta - minta.

Kelihatannya, gepeng ini terorganisir, yang artinya ada yang mempekerjakan anak untuk mengemis. Ironisnya, datang dari luar daerah kota Siantar. Sehingga sangat diperlukan perhatian Pemko untuk menertibkan situasi ini.

Seperti dikatakan seorang pemuda yang terlihat terpelajar, di rumah makan itu. "Mungkin anak - anak ini dipekerjakan kak, apalagi datang dari luar kota Siantar, katanya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!