HETANEWS.COM

Singgung Rapat Tertutup DPRD, GMKI: Penting Transparansi Ke Publik

DPRD Pematangsiantar menggelar rapat dengar pendapat bersama Pemko Pematangsiantar dan GTPP Covid 19, Selasa 2 Juni 2020.

Siantar, hetanews.com - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Siantar-Simalungun menyinggung rapat tertutup yang difasilitasi DPRD Pematangsiantar dalam pembahasan Covid 19 bersama Pemko Pematangsiantar dengan GTPP Covid 19.

Ketua GMKI Siantar-Simalungun, May Luher Dewanto Sinaga menilai banyak informasi yang perlu secara transparan diketahui oleh publik dari pertemuan tersebut. Apalagi menyangkut penanganan pandemi Covid 19 yang kian meluas.

"Seperti yang diketahui, Pematangsiantar termasuk zona merah, dan jumlah kasus yang positif COVID-19 ketiga di Sumut. Ditambah lagi pembagian sembako yang diduga tidak tepat sasaran. Itu sebabnya menjadi penting informasi yang transparan kepada publik", kata Luther melalui keterangan tertulis, Rabu (2/6/2020).

Luther menyoroti penyaluran sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) di kota Pematangsiantar.  Selain melanggar protokol kesehatan, kata dia, Pematangsiantar juga masuk dalam 5 wilayah kota/kabupaten di Sumut yang menjadi perhatian serius Polda Sumut.

GMKI, sambungnya, akan terus melakukan pengawasan dan menekankan bahwa keterbukaan informasi penanganan Covid 19 berkaitan erat dengan kemanusiaan.

"Demi kemanusiaan, publik berhak mendapat keterbukaan informasi terkait penanganan COVID-19 di kota Pematangsiantar. Dan kami akan mengawasi penanganan COVID-19 di kota Pematangsiantar melalui tim yang telah kami bentuk", ucapnya.

Sebelumnya, DPRD menggelar rapat dengar pendapat dengan Pemko Pematangsiantar dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan [GTPP] Covid 19 Pematangsiantar, Selasa (2/6) siang sekira pukul 11.00 WIB.

Sebelum rapat dimulai, Wakil Ketua DPRD Mangatas Silalahi bertanya ke flor, apakah rapat digelar terbuka atau tertutup. Setelah pertanyaan itu, seluruh anggota DPRD lintas komisi yang hadir setuju agar rapat digelar secara tertutup. 

Baca juga: DPRD dan Pemko Pematangsiantar Rapat Tertutup Covid 19, Ada Apa?

Penulis: gee. Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!