HETANEWS.COM

Draf PKPU: Kampanye Pilkada Serentak Digelar 26 September-5 Desember 2020

Jakarta, hetanews.com - KPU telah menyusun revisi Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada 2020. Dalam draf yang tinggal finalisasi itu, masa kampanye diagendakan pada September sampai Desember 2020.

Dikutip dalam draf yang sudah dibahas bersama Kemendagri, Kemenkes, Bawaslu, dan lainnya pada Minggu (31/5) itu, masa kampanye bagi 270 Pilkada digelar pada 26 September sampai 5 Desember.

Namun, belum diketahui metode kampanye yang akan diterapkan di masa pandemi corona ini, karena akan diatur dalam PKPU terpisah yang akan disusun KPU. PKPU tahapan Pilkada masih mengasumsikan tahapan Pilkada sesuai UU.

Yaitu metode kampanye dalam tanggal tersebut mencakup (1) Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga, dan/atau kegiatan lain; dan (2) Debat publik/terbuka antar Pasangan Calon.

Sementara kampanye melalui media masa, cetak dan elektronik digelar pada 22 November-5 Desember 2020. Selanjutnya masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye pada 6-8 Desember 2020.

Jadwal pemungutan dan penghitungan suara di TPS akan digelar pada 9 Desember 2020 sebagaimana diatur Perpres Nomor 2 Tahun 2020.

Setelah itu, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk Pilwalkot dan Pilgub ditetapkan antara 13 Desember-17 Desember 2020. Sementara rekapitulasi untuk Pilgub di KPU Provinsi antara 16-20 Desember.

Sementara penetapan pasangan calon terpilih tergantung pada ada tidaknya sengketa hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!