HETANEWS.COM

Zona Merah Covid 19, Bupati Buat Kebijakan New Normal Di Danau Toba

Pengunjung datang ke wilayah Danau Toba di kompleks Istana Presiden Parapat, Kabupaten Simalungun, Minggu 31 Mei 2020. [foto:ist]

Simalungun, hetanews.com - Kabupaten Simalungun masuk urutan empat besar terbanyak kasus Covid 19 di Wilayah Sumatera Utara. Simalungun pun masuk zona merah dan bukan termasuk  102  kabupaten/kota zona hijau yang dinyatakan untuk memulai New Normal.

Simalungun salah satu dari 7 kabupaten yang mengelilingi perairan Danau Toba. Wilayah Simalungun yang menjangkau destinasi nasional Danau Toba itu, menerapkan New Normal atau Normal Baru mulai per 1 Juni 2020.  

Kemarin Minggu 31 Mei 2020, Bupati Simalungun JR Saragih bersama Forkopimda sosialisasikan New Normal dengan meninjau kesiapan beberapa Hotel di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. 

Bupati membuat kebijakan dengan  menerapkan New Normal pada sektor pariwisata, sekaligus memulihkan kegiatan pariwisata yang telah vakum. Dengan itu, aktivitas pariwisata di perairan Danau Toba itu dibuka untuk umum seperti sedia kala.

Terlepas  upaya untuk memulihkan sektor pariwasata Danau Toba di wilayah Simalungun yang sempat redup karena pandemi, dan upaya memulihkan ekonomi warga sekitar  yang bergantung dari sektor pariwisata, keberanian Bupati membuat kebijakan New Normal jadi pertanyaan.

Apalagi, Kabupaten Simalungun yang seharusnya berjuang di Zona Merah dengan kasus positif RT-PCR sebanyak 22 orang, 7 PDP, 0 meninggal dunia dan 6 Orang sembuh [Data GTPP Covid 19 Sumut/Senin 1 Juni 2020], diharapkan seharusnya bekerja maksimal untuk meminilasir grafik yang terus meningkat. 

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi, juga menginstruksikan 102 kabupaten/kota berada dalam zona hijau Covid 19 untuk memulai Normal Baru. Di Sumut ada 15 wilayah yang diizinkan untuk New Normal. Dari 15 wilayah tersebut tidak ada tercatatat Kabupaten Simalungun. 

DItengah banyaknya kasus Covid 19 di Simalungun yang dibarengi penerapan New Normal di sektor pariwisata, diterangai berpotensi meluasnya pandemi Covid 19 untuk gelombang kedua. 

Melihat pro dan kontra New Normal di Kabupaten Simalungun ini, Hetanews mengkonfirmasi Humas Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTTP) Covid 19, Akmal Siregar, Senin (1/6/2020) siang. Namun Akmal belum membalas konfirmasi hingga berita dimuat.

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!