HETANEWS.COM

Lion Air Wajibkan Penumpang Datang 4 Jam Sebelum Jadwal Keberangkatan

Sebuah pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 di landasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cenkareng, Indonesia, pada Selasa, 15 Maret 2019. Foto: Bloomberg

Hetanews.com - Lion Air mengingatkan calon penumpangnya untuk tiba di bandara 4 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat sesuai yang tertera di tiket.

Pada hari ini, Senin (1/6/2020), Lion Air kembali membuka layanan penerbangan komersil bagi kelompok penumpang tertentu sebagaimana diatur dalam Surat Edaran (SE) No 5 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sebelum masa pandemi virus corona, penumpang bisa datang ke bandara 1-2 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Informasi agar penumpang datang 4 jam sebelum keberangkatan disampaikan Corporate Communication Strategic Liom Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan resmi, Minggu (31/5/2020).

"Penumpang tiba lebih awal di terminal keberangkatan, yakni 4 jam sebelum keberangkatan," kata Danang.

Ia mengatakan, hal ini karena ada proses dan persiapan perjalanan udara yang wajib dipatuhi oleh penumpang selama masa pandemi Covid-19. Saat dimintai keterangan lebih lanjut, Danang mengatakan, waktu 4 jam tersebut ditetapkan agar keberangkatan para penumpang bisa berjalan dengan baik.

Alasannya, saat ini para penumpang harus melewati proses pengecekan dokumen persyaratan yang menjadi syarat wajib bagi siapa pun yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi publik, termasuk pesawat udara.

Dokumen tersebut di antaranya surat pernyataan bebas Covid-19 dan surat tugas dari instansi atau perusahaan yang masih memiliki kaitan dengan penanganan Covid-19. Dan kelompok lain yang diizinkan melakukan perjalanan.

"Empat jam sebelum keberangkatan bertujuan agar calon penumpang memiliki waktu yang cukup dalam mempersiapkan proses keberangkatan sebelum penerbangan, meminimalisir antrean panjang untuk pengecekan dokumen sebagaimana dipersyaratkan," jelas Danang.

Di media sosial Twitter beredar gambar penumpukan penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/5/2020).
Foto: Twitter

Proses pengecekan dokumen ini, kata Danang, memakan waktu yang cukup panjang sehingga antrean penumpang di terminal keberangkatan itu terkadang tak bisa dihindarkan. Padahal, protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 mengharuskan orang-orang tidak berkerumun demi menghindari penularan virus. Antrean semacam ini sempat terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada pertengahan Mei lalu.

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, 14 Mei 2020, antrean ini terjadi karena banyaknya penumpang yang datang dengan jadwal keberangkatan yang berdekatan. Hal ini menyebabkan penumpukan di bagian proses pengecekan dokumen tidak bisa dihindarkan. 

Lion Air menyebutkan, penerbangan bisa berjalan lancar karena para stakeholder bekerja sama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik. Kerja sama baik ini juga diharapkan akan terus berlangsung dengan lebih baik di waktu-waktu ke depan.

"Lion Air Group akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur, terutama kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19 ini," ujar dia.

Danang mengaku opimistis sinergitas antar pihak ini akan membuat operasinal penerbangan selama masa sulit ini bisa berjalan dengan baik dan tetap mengutamakan aspek kesehaan juga keselamatan semua pihak dari bahaya Covid-19.

Saat ini, Lion Air telah menugaskan sejumlah petugas untuk membantu memberikan pelayanan kepada para penumpang. Keberadaan para petugas ini membantu para penumpang untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan di tempat umum.

"Lion Air Group dalam beberapa hari sebelumnya sampai waktu yang belum ditentukan telah menugaskan 15 personel staf atau petugas layanan darat untuk mengatur antrean calon penumpang, mengatur jarak antarcalon penumpang dan mengingatkan agar setiap calon penumpang mempersiapkan dokumen-dokumen perjalanan yang dibutuhkan sesuai ketentuan sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama di terminal keberangkatan bandar udara," papar Danang.

"Dengan demikian, antrean menjadi lebih baik sehingga penerbangan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan serta keberangkatan menjadi tepat waktu," lanjut dia.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!