HETANEWS.COM

Pilih Mana, Isolasi Di Rumah atau Rumah Singgah

Rumah Singgah

Siantar, hetanews.com - Pemko Pematangsiantar tengah menyiapkan Rumah Singgah di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Sitalasari Pematangsiantar. Rumah Singgah dipersiapkan untuk tempat isolasi Orang Tanpa Gejala [OTG] Covid 19 di Pematangsiantar.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Pematangsiantar, Daniel Siregar, mengatakan Rumah singgah untuk isolasi OTG bukan pasien Covid 19. Kata dia, bila ada OTG yang tidak bersedia isolasi mandiri di rumah maka segera diisolasi di Rumah Singah.

Daniel menerangkan kategori OTG adalah seseorang menjalani hasil rapid test dengan hasil reaktif.  OTG dapat mengisolasi diri di rumah selama 14 hari dengan komitmen atau isolasi di rumah singgah. Hal itu kata dia sesuai dengan panduan Covid 19 hasil revisi ke-4.

"Misalnya kalau seseorang mampu isolasi mandiri di rumah, ada komitmen selama 14 hari dia akan ditempatkan dirumah. Pengawasan juga dilakukan oleh Tim Gugus melalui Dinkes dan melibatkan pihak kelurahan, RT untuk memantau," katanya ditemui dilokasi, Senin (1/6/2020).



"Bila itu tidak bisa dipenuhi, maka ditempatkan di Rumah Singgah sampai batas waktu 14 hari. Misalnya hasil swab-nya positif, ini nanti kita kirim ke Rumah sakit sebagai pasien," jelasnya.

Pemko Pematangsiantar menanggung seluruh biaya makan dan kebutuhan gizi selama isolasi. Ruang isolasi juga difasilitasi tempat mencuci, tempat tidur, Televisi dan Wifi. Dalam satu ruangan, dipersiapkan untuk 8 orang. Aktivitas OTG selama isolasi akan dipantau CCTV.

"Ini juga kita sedang kordinasi dengan keluraharan agar mensosialisasikan ini [Rumah Singgah] kepada warga sekitar. Kita juga persiapkan ruang ibadah, kemudian disiapkan logistik dan gizi perhari. Kita atur dan ini semua dibiayai oleh Pemko Pematangsiantar," ucapnya.

Diketahui OTG di Pematangsiantar selama ini diisolasi di RSUD Djasamen Saragih. Dari data per 29 Mei 2020, terdapat 4 OTG menjalani isolasi. Selebihnya, PDP dan Pasien Positif di rawat di RS pemerintah tersebut. 

Baca juga: Intip Rumah Singgah Covid 19 Di Pematangsiantar

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!