HETANEWS.COM

Binjai Tidak Ada Meninggal Kasus Covid-19, Ribuan ODP Binjai Dinyatakan Sehat

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Binjai melakukan rapid test massal di lokasi keramaian. Foto: int

Binjai, hetanews.com - Ribuan warga Kota Binjai yang awalnya berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19 kini sudah dinyatakan sehat.

Jumlah ODP Kota Binjai hanya tinggal puluhan orang sesuai data Tim Gugus Covid-19 Binjai, dan bisa dikatakan zona hijau.

Informasi dihimpun dari Tim Gugus Covid-19 Binjai sebanyak 1.178 ODP dinyatakan selesai pemantauan dan sudah bisa beraktivitas secara normal.

Dengan rincian yang masih ODP isolasi mandiri berjumlah 68 orang dan 5 orang dilakukan karantina.

Adapun yang berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) satu orang sedang dirawat, tujuh orang sudah pulang dan sehat, dan meninggalkan sebanyak lima orang.

Lima orang PDP sudah dimakamkan sesuai prosedur kesehatan pada masa Covid-19.

Tim Gugus Covid-19 Binjai sekaligus Kepala BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani menjelaskan bahwa lima orang PDP yang telah meninggal dunia dinyatakan Tidak Terkonfirmasi Covid-19 sesuai hasil Swab Test Corona atau Polymerase Chain Reaction (PCR) atau pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona.

Data Kasus Terkonfirmasi Covid-19 (KTC) terbaru satu dirawat, satu sembuh dan 0 meninggal dunia.

"Yang meninggal PDP dimakamkan secara Covid-19, setelah meninggal dan dimakamkan sesuai protokol hasil Swab Testnya negatif Covid-19. Jadi kita di Binjai 0 meninggal positif Covid-19," jelasnya, Senin (1/6/2020).

Ahmad Yani juga terus mengimbau masyarakat tetap waspada.

Artinya meski dibilang aman dengan merujuk data Covid-19 Binja, ya tetap harus wajib masker dan rajin cuci tangan setiap beraktivitas, khususnya di luar rumah dan tempat ramai.

"Kita juga bersiap masuk era normal baru. Kita masih pembahasan, belum ada arahan seperti apa penerapan normal baru. Secara internal kita bersiap juga dan menunggu arahan pusat," katanya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Kota Binjai, dr HM Indra Tarigan menjelaskan mengenai perkembangan Covid-19 pihaknya tetap menggencarkan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum.

Seperti di Gereja Batak Karo Prorestan (GBPK) Jalan Letjen Jamin Ginting Kelurahan Pujidadi Kecamatan Binjai Selatan, Mesjid Al-Muslimin Jalan Gunung Jaya Wijaya Kelurahan Binjai Estate Lingkungan 10 Kecamatan Binjai Selatan, Mesjid Al-Hidayah Jalan Gunung Jaya Wijaya kel. Binjai Estate Lingkungan 10 Kecamatan Binjai Selatan dan Mesjid Al-Ikhlas Jalan Gunung Jaya Wijaya Kelurahan Binjai Estate Lingkungan 9 Binjai Selatan.

Sampai saat ini sudah 42 orang warga Kota Binjai yang diambil uji swab atau test PCR dengan rincian 15 orang dilakukan di rumah sakit rujukan yang ada di kota Medan, sedangkan 27 orang lagi diambil uji swab atau test PCR oleh tim Dinas Kesehatan Kota Binjai dan Specimennya di kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

"Dari 42 specimen yang dilakukan pemeriksaan uji swab atau test PCR, sudah 30 orang yang hasil pemeriksaannya diterima Posko Utama Covid 19 Pemko Binjai," pungkasnya.

sumber: tribun-medan.com

Editor: bt.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!