HETANEWS.COM

Penampakan Sekat Abang Ojol dan Penumpang Hadapi New Normal

Ilustrasi Ojek Online. Foto: Istimewa

Jakarta, hetanews.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan usai, pemerintah telah menyiapkan skenario New Normal di sektor transportasi. Belakangan ini beredar di media sosial, pengemudi ojek online (ojol) juga tengah menyiapkan partisi untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Ojek online sudah dilarang mengangkut penumpang sejak PSBB diberlakukan di Jakarta dan beberapa kota sekitarnya. Dalam periode tersebut ojol hanya dibolehkan mengangkut barang atau untuk pembelian makanan.

Seiring rencana akan berakhirnya PSBB Jakarta pada 4 Juni mendatang, ojek online bersiap kembali mengangkut penumpang. Ojek online diminta mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona itu.

Bersiap menghadapi kenormalan baru, ojol memasang penyekat di tubuhnya supaya aman dari penularan COVID-19. Sebelumnya penggunaan penyekat ini muncul di akun Instagram @dramaojol.id.

Penampakan Ojol saat Angkut Penumpang.
Foto:Instagram

Dalam postingan pada Kamis (28/5/2020) lalu, seorang driver Grab memakai partisi transparan. Partisi tersebut melekat terbuat dari bahan fiber di tubuh sang pengemudi menggunakan tali temali serupa harness. Mungkinkah hal ini akan menjadi protokol keamanan dan kesehatan baru yang akan digunakan oleh operator ojek online di Indonesia?

Ketua Presidium Nasional Garda, Igun Wicaksono penggunaan partisi tersebut untuk antisipasi melindungi mitra dan penumpang dari penularan virus COVID-19, terbuat dari bahan yang ringan.

"Kalo produksi kami terbuat dari bahan papan fiber yang ringan. Kalo aplikatornya beli dari kami, silahkan mereka aplikasikan, atau mereka aplikator punya konsep partisi sendiri, silahkan saja," ujar Igun kepada detikOto, Minggu (31/5/2020).

Penggunaan partisi untuk menghindari penularan virus corona sudah diterapkan oleh beberapa pengemudi taksi online. Mereka membuat pembatas menggunakan material transparan yang melindungi antar kursi sopir dan penumpang.

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!