HETANEWS.COM

Cara Reza Rahadian Syuting Miniseri di Tengah Pandemi

Reza Rahadian sebagai Sutradara, Di balik layar miniseri "Sementara, Selamanya". Foto: Spasi Moving Image

Hetanews.com - Pandemi virus corona baru atau COVID-19 tak membuat Reza Rahadian berhenti berkreativitas. Ia bahkan mampu menyelesaikan syuting miniseri yang disutradarainya berjudul Sementara, Selamanya, dengan cara berbeda sebagai penyesuaian new normal di industri film.

Syuting di tengah pandemi merurut Reza adalah sebuah inovasi di industri film. Nantinya, miniseri Sementara, Selamanya ini tayang di platform video on demand, Vidio dengan total enam episode.

"Ini masuk new normal. Banyak yang harus dijaga dan itu dijaga dengan produksi seperti ini. Jadi mungkin di tengah bioskop belum buka, digital platform jadi alternatif supaya pekerja film bisa kerja tanpa harus bikin cerita yang sesuai dengan saat ini," ujar Reza dalam jumpa pers virtual, Jumat (29/5/2020).

Salah satu siasat pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini ialah dengan melibatkan sedikit kru. Hanya ada tujuh orang dan tak semuanya berada di lokasi. Selain itu, penggunaan alat juga dipilih. Reza memutuskan tak menggunakan alat-alat berat seperti yang dilakukan saat syuting layar lebar.

Reza Rahadian.
Foto: Instagram/officialpilarez

"Tidak semua orang perlu ada di set maka kita bergantian, kayak misal setting ruang tamu, hanya tiga orang aja. Tidak ada alat-alat besar, penumpukan mobil, tidak ada keramaian," tuturnya. Namun, syuting seperti ini adalah yang pertama kali bagi Reza.

Ada banyak tantangan yang ia hadapi selama proses produksi. "Ini proses yang sangat menantang, ritmenya bagaimana, apa yang harus diminimalisir dan saya baru ngerasain kerja jadi sutradara dan pemain itu seperti apa," ujar Reza.

Reza berharap dengan selesainya miniseri Sementara, Selamanya bisa memberikan harapan baru bagi sineas untuk terus berkarya. Selain itu bisoskop bisa kembali beroperasi meskipun menerapkan protokol kesehatan.

"Saya berharap bioskop bisa buka dengan adanya beberapa penyesuaian. Kalau ada industri lain dibuka, mungkin ada the new normal untuk bioskop. Misalnya kayak seat-nya diatur dan film bisa produksi, ya itu yang ada dipikiran saya aja," tutupnya.

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!