HETANEWS.COM

Desa Seluas 1,4 Ha di Swedia Dijual, Harganya Rp110 Miliar

Desa Satra Brunn seluas 1,44 hektare di pinggiran kota Stockholm, Swedia dijual seharga 7,3 juta krona. (Foto: CNBC)

Stockholm, hetanews.com - Satra Brunn, desa seluas 1,4 hektare (Ha) di Swedia dilego. Desa tersebut siap dilepas dengan harga 70 juta krona, sekitar Rp110 miliar.

Dikutip dari CNBC, Minggu (31/5/2020), desa ini berlokasi di pinggiran kota Stockholm. Desa tersebut berdiri pada abad 18 saat seorang dokter bernama Samuel Skragge menemukan sumber mata air di Satra. Dia kemudian membeli lahan di sekitarnya dan membangun sumur, rumah, gereja, hingga rumah sakit.

Di Swedia, desa Satra Brunn terkenal dengan airnya yang berkualitas tinggi, sehingga sering digunakan untuk minum dan mandi bagi warga di luar desa. Total lahan yang sudah dimanfaatkan di desa ini kurang dari 50 persen.

Desa tersebut beberapa kali berganti kepemilikan. Pada 1740, lahan dan rumah di desa tersebut dibeli seorang uskup dari Vasteras yang kemudian disumbangkan untuk Uppsala Unversity, salah satu kampus terkemuka di Swedia.

Pada 2002, universitas itu menjual Satra Brunn kepada 16 pengusaha dan sejak saat itu digunakan sebagai tempat spa dan acara besar.

Desa tersebut terdaftar sebagai satu perusahaan itu, yang bernama Residence Fastighetsmakleri, yang masih terkait dengan Christie's International Real Estate.

Desa tersebut kini dijual. Broker properti lokal, Jonas Martinsson mengatakan, semua orang bisa membeli desa ini, termasuk orang asing. Dia menyebut, desain arsitektur desa ini "tak lekang oleh waktu".

sumber: iNews.id

Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!