HETANEWS.COM

Sempat Ditunda, Tahapan Pilkada Pematangsiantar Dimulai Juni 2020

Launching Maskot Pilkada Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Sempat ditunda, akhirnya Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Untuk tahapan Pilkada di Pematangsiantar dimulai 15 Juni 2020. 

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani membenarkan informasi tersebut. Ia menerangkan, penjadwalan Pilkada itu merupakan keputusan rapat dengan pendapat.

"Itu merupakan hasil rapat dengar pendapat antara KPU RI, DPR RI dan Pemerintah sesuai dengan Perpu No 2 Tahun 2020. Bahwa jika penundaan pilkada ingin dilanjutkan, harus digelar rapat dengar pendapat. Dan itu sudah diputuskan," ujar Daniel, Jumat (29/5/2020).

Masih kata Daniel, tahapan Pilkada serentak Pematangsiantar akan dimulai 15 Juni 2020. Untuk tahapan ini, KPU Pematangsiantar akan  mengaktifkan PPK dan PPS yang selama ini non aktif akibat Pandemi Covid 19.

Selanjutnya, sambung Ketua KPU Pematangsiantar, pihaknya akan melanjutkan verifikasi dukungan syarat calon perseorangan dan pemutahiran data pemilih.

Untuk diketahui, pemilihan kepala daerah 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September 2020. Namun, akibat wabah Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020. Adapun tahapan akan dimulai pertengahan Juni mendatang.

Baca juga: Partai Demokrat Terima 3 Balon Walikota

Penulis: gee. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!