HETANEWS.COM

Motor Terbakar di Jember Gegara Hand Sanitizer Hoaks

Motor terbakar di Jember

Jember, hetanews.com - Viral video sebuah sepeda motor terbakar di Doho, Jember. Dari kabar yang beredar, motor tersebut terbakar gara-gara hand sanitizer. Benarkah kabar itu? Ataukah kabar itu hoaks?

Caption dalam video berdurasi 15 detik itu disebutkan bahwa hand sanitizer dimasukkan dalam jok motor. Karena panas, hand sanitizer itu meledak lalu membakar motor.

Caption itu juga memberi informasi bahwa hand sanitizer bisa meledak dan terbakar dalam mobil yang kondisinya panas, parkir lama, atau terjemur matahari.

Detik yang menelusuri video itu memastikan bahwa yang benar di dalam caption hanyalah lokasinya saja. Selebihnya adalah hoaks. Tidak benar bahwa motor tersebut terbakar gara-gara hand sanitizer di dalam jok motor.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Letjen Panjaitan, Kecamatan Sumbersari. Warga dikejutkan dengan kejadian terbakarnya sebuah motor saat akan keluar dari gang Jalan Doho pada Rabu (27/5/2020) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun menurut warga, pengendara motor yakni dua orang perempuan tampak lari dan meninggalkan motornya yang terbakar begitu saja.Terbakarnya motor Honda Vario Warna Hitam berpelat P 3599 GF yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB itu sontak mengakibatkan warga panik. Beruntung warga sigap dan motor nahas itu dapat dipadamkan.

"Tapi tadi saya tahu dua cewek itu sempat lari ke seberang jalan untuk minta air di warung makan untuk memadamkan apinya," kata pemilik kios bensin eceran Kusmanto saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (28/5/2020).

Setelah meminta air sambil dibantu warga, api yang membakar motor tersebut berusaha dipadamkan.

"Tadi sempat mencari pasir, tapi gak nemu. Akhirnya ya disiram pakai air dibantu warga gitu. Lah pas masih dipadamkan, dua cewek ini pergi begitu saja motornya ditinggal ke arah timur, gak tau kemana," katanya.

Kusmanto mengatakan motor itu sebelum terbakar melaju keluar dari gang Jalan Doho bermaksud mau menyebrang ke jalanan besar, Jalan Letjen Panjaitan ke arah timur.

"Tapi terus terbakar gitu, dan awal apinya kecil, tapi cepat membesar. Untung tidak meledak kan ada bensinnya," kata Kusmanto.

Diketahui dari penuturan warga, saat memadamkan api truk Damkar sempat datang dan akan membantu.

"Tetapi sudah padam apinya. Ya gak ngapa-ngapain petugasnya. Sepertinya tadi hanya melihat sebentar kemudian pergi petugas damkar itu," kata salah seorang warga Nanang.

Nanang yang sempat mengambil gambar video peristiwa kebakaran motor itu menduga penyebab kebakaran karena korsleting listrik.

Tapi setelah padam, motor tersebut diketahui Nanang dibawa seorang laki-laki."Kalau motornya tadi saya waktu mengambil video, bentuknya Motor Vario Honda warna hitam. Pelatnya P 3599 GF. Yang naik dua cewek, tapi ya gitu motornya ditinggal," ujarnya.

"Saya tidak kenal siapa orangnya, laki-laki rambutnya putih. Mungkin bapaknya dua cewek itu. Karena langsung dibawa begitu saja ke arah timur," ucapnya.

Sementara itu saat wartawan akan mencari informasi perihal pemilik motor dan mengetahui penyebab pasti terbakarnya motor tersebut. Tidak menemukan alamat pemilik motor.

Beberapa warga yang ditanyai juga mengaku tidak tahu kemana arah perginya bangkai motor yang dibawa seorang laki-laki itu.

Sumber: detik.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!