HETANEWS.COM

Edarkan 7,24 Gram Sabu, Jimmy dan Esron Dituntut Masing-masing 7,6 Tahun Penjara

Dua terdakwa disidangkan secara online, dituntut 7,6 tahun penjara oleh jaksa. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Jimmy Albertus Hariando Purba (33), warga Jalan Jarab, Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya Simalungun dan Esron Alponsius Sinaga (29), warga Jalan Guru Jason, Kelurahan Sondi Raya, masing - masing dituntut 7,6 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara. Tuntutan jaksa Sanggam Siagian ini, dibacakan dalam persidangan yang digelar secara online melalui vidcon, Kamis (28/5/2020), di PN Simalungun.

Menurut Jaksa Penuntut Umum, kedua terdakwa ditangkap anggota Polres Simalungun, pada Kamis, 28 Nopember 2019 lalu, pukul 13.00 WIB, di halaman rumah Jimmy. Siang itu, para terdakwa, baru saja menjemput sabu dari temannya, Jek (DPO), di Simpang Simantin III, Kecamatan Pane Simalungun yang sebelumnya sudah berkomunikasi melalui handphone.

Jimmy menawarkan diri kepada Jek untuk menjualkan sabu dengan perjanjian sistem laku bayar. Dari para terdakwa, polisi menemukan satu plastik klip besar berisi sabu, 11 plastik klip kecil berisi sabu dan sebuah kaca pirex yang sudah dibakar berisi bekas sabu yang seluruhnya 7,24 gram.                 

Perbuatan para terdakwa, dipersalahkan jaksa melanggar pasal 112 (1) Jo pasal 132 UURI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Para terdakwa didampingi penasehat hukum, Sarah Pulungan SH, memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan.

"Saya mohon agar hukuman saya diringankan yang mulia, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi,"kata terdakwa saat menyampaikan permohonannya atas tuntutan jaksa tersebut. Keduanya juga bersedia dihukum seberat-beratnya jika mengulangi lagi.         

Majelis hakim, pimpinan Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Mince Ginting, akan mempertimbangkannya dalam putusan. Untuk pembacaan vonis, persidangan dibantu panitera pengganti, Jonathan Sinaga, dinyatakan ditunda sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!