HETANEWS.COM

Sopir Angkot Pelaku Cabul Diganjar 6,6 Tahun Penjara

Supir angkot pelaku cabul saat ikuti sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Ketua majelis hakim, Roziyanti didampingi Aries Gunting dan Mince Ginting, masing - masing sebagai hakim anggota, menjatuhkan pidana penjara selama 6,6 tahun, denda Rp60 juta, subsider 6 bulan kurungan, kepada Jhonny Manik (28). Vonis tersebut, diucapkan hakim dalam persidangan yang digelar secara online, melalui vidcon, pada Rabu (27/5/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun.

Sebelumnya, terdakwa dituntut jaksa Weni Julianti Situmorang, selama 7 tahun penjara dan denda yang sama dengan putusan hakim.

Terdakwa terbukti mencabuli Dewi (disamarkan red, 14 tahun) dan dinyatakan bersalah, melanggar pasal 1 angka 1 yaitu pasal 81 ayat (2) Peraturan Pemerintah Pengganti  UURI No. 23 Tahun 2016 Tentang Perubahan kedua atas UU No.17 Tahun 2016.          

Berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan, melalui keterangan saksi-saksi, barang bukti surat berupa visum No: 744/1681/440/209 yang dibuat dan ditandatangani dr Rahimi Rahim Sp.OG, di RSU Pematang Raya. Jika selaput darah korban sudah tidak utuh lagi, karena perbuatan cabul yang dilakukan terdakwa.

Terdakwa yang bermukim di Jalan H Ulakma Sinaga, Gang Murni, Rambung Merah yang sehari-hari bekerja sebagai sopir angkot, menjemput Dewi dari rumahnya, pada Sabtu, 14 September 2019 lalu, sekitar pukul 20.30 WIB dengan maksud melihat pasar malam. Ternyata, terdakwa membawa korban ke gudang mobil kosong, di Perumahan Cinta Maju, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun.             

Di dalam mobil, terdakwa dengan bujuk rayu dan berjanji akan menikahi korban, jika hamil, dan korban pun mau disetubuhi. Usai mencabuli korban, rencana ke pasar malam pun gagal dan korban diantar pulang ke rumah orangtuanya.             

Hal yang memberatkan akibat perbuatan terdakwa, keluarga korban menjadi malu dan masa depan  korban sebagai anak menjadi hancur. Terdakwa juga berbelit-belit dalam memberikan keterangan. Didampingi pengacaranya, Sarah Nauli Pulungan dari Posbakum PN Simalungun, menyatakan terima atas putusan tersebut, dan demikian juga dengan jaksa.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!