HETANEWS.COM

Cerita Putri Diana yang "Sembunyi" Sebelum Pernikahannya

Putri Diana menghindar ketika Pangeran Charles berusaha menciumnya. Foto ini kemudian ramai diperbincangkan di media sebagai bukti ketidakharmonisan rumah tangga mereka. Foto: Tangkap layar foto Putri Diana dan Pangeran Charles di India via CheatSheet

Hetanews.com - Putri Diana terus menyedot perhatian publik dan media di masa-masa menjelang pernikahannya dengan Pangeran Charles. Namun, di minggu-minggu terakhir menjelang upacara sakral di tahun 1981 tersebut, Diana "berhasil" lolos dari drama di tengah publik Inggris, termasuk seputar rencana pernikahannya.

Penulis buku "Diana - Her True Story", Andrew Morton merinci bagaimana Sang Putri menghabiskan hari-hari terakhir sebagai anggota masyarakat biasa, sebelum masuk lebih dalam ke pusaran perhatian publik. 

Dalam buku yang ditulis tahun 1992, Morton menulis, “Diana beristirahat dengan baik, terakhir sebagai warga negara biasa."

“Dia bergabung dengan ibu dan ayah tirinya dalam penerbangan ke Australia, di mana mereka melakukan perjalanan ke sheep station di Yass di New South Wales."

"Mereka tinggal di rumah pantai milik kerabatnya, dan menikmati 10 hari dalam kedamaian dan pengasingan," tulis Morton.

Di sana, Diana dan ibunya mulai menyusun daftar tamu, pakaian yang akan dikenakan, dan detail resepsi lainnya. Di saat yang sama media kehabisan informasi untuk mengetahui di mana keberadaan dia. 

Menurut Morton, satu-satunya orang yang tahu di mana keberadaan Diana saat itu adalah Pangeran Charles. 

"Ketika hari-hari berlalu, Diana mencari Pangeran Charles, tetapi Charles tidak pernah meneleponnya."

Kendati demikian, Diana disebut berusaha mengerti aksi diam Charles sebagai bagian dari usaha dia meredakan tegangan dalam bagian tugas kerajaannya.

Terlepas dari kebahagiaan dalam pernikahan mereka, hubungan pasangan ini memang nyatanya terus-menerus diganggu dengan tuduhan perselingkuhan. Kesengsaraan perkawinan mereka juga dimainkan di mata publik, hingga menyebabkan lebih banyak tekanan pada Pangeran dan Putri Diana.

Salah satu keprihatinan bagi Diana adalah pada sosok Camilla Parker Bowles, yang dikenal sebagai mantan kekasih Charles.

"Camilla yang selalu hadir, tampaknya tahu semua yang pasangan ini lakukan bahkan, sebelum mereka melakukannya."

Morton menyebut, Diana sempat bertanya kepada Charles tentang pacar-pacar sebelumnya, selama pacaran mereka.

“Charles pun secara terus terang kepada istrinya, sambil menekankan bahwa mereka kini sudah menikah, dan semua sudah berlalu."

"Namun, pada saat yang sama Diana tak bisa tidak bertanya-tanya tentang fakta bahwa dalam kurun waktu 12 bulan, Charles telah terlibat dalam tiga hubungan, Anna Wallace, Amanda Knatchull, dan dirinya sendiri."

Charles dan Diana akhirnya bercerai pada tahun 1996, meskipun pada awalnya mengatakan mereka akan tetap bersama demi putra-putra mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.