HETANEWS.COM

Ini 5 Kiper yang Paling Sering Menggagalkan Penalti di Premier League

David James saat masih memperkuat Liverpool (foto: (90min)

London, hetanews.com - Bagi seorang kiper, sebuah tendangan penalti bagai pedang bermata dua. Di satu sisi dia bakal jadi pahlawan kalau mampu menggagalkannya namun jadi pesakitan bila kebobolan.

Situasi tendangan penalti terbilang sulit bagi kiper, sebab menurut penelitian hampir 90 persen penendang bisa mencetak gol dari titik 12 pas.

Dalam menghadapi tendangan 12 pas, insting serta kecepatan kiper jadi modal utama selain faktor keberuntungan.

Dalam sejarah Premier League ada beberapa penjaga gawang yang mampu menunjukkan kebolehannya dalam menghentikan tendangan penalti, hingga puluhan kali.

Berikut 5 kiper Premier League dengan jumlah penyelamatan penalti terbanyak:

1. Brad Friedel (10 Penyelamatan)

Friedel pertama kali datang ke Premier League pada 1997, saat itu dia direkrut oleh Liverpool. Kiper asal Amerika Serikat itu memperkuat The Reds hingga 2000 dan berpindah-pindah klub sampai 2015.

Total, Friedel tampil di 450 pertandingan Premier League. Dalam periode itu, Friedel mencatat 10 save dalam situasi tendangan penalti. Selain itu, dia juga termasuk kiper yang yang bisa mencetak gol, ketika masih bersama Blackburn Rovers.

2. Mark Schwarzer (10 Penyelamatan)

Penjaga gawang asal Australia ini menjadi kiper nomor satu Middlesbrough sejak 1997. Dia kemudian bertahan bersama The Boro hingga 2008 sebelum pindah ke Fulham, Chelsea dan Leicester City.

Ketangguhan Schwarzer di bawah gawang dibuktikan dengan catatan 151 clean sheet dari 514 laga. Dua juga cukup lihai dalam menghadang penalti, ada 10 penyelamatan dia buat menghadapi tendangan 12 pas.

3. Shay Given (10 Penyelamatan)

Shay Given memulai kariernya bersama Blackburn Rovers. Namun, namanya mulai diperhitungkan ketika mulai membela Newcastle United sejak 1997 sampai 2009.

Bersama The Magpies, Given menjelma sebagai salah satu kiper terbaik di Premier League. Dia tercatat pernah menggagalkan 10 penalti yang pernah dihadapinya.

4. Thomas Sorensen (12 Penyelamatan)

Sunderland memutuskan untuk memboyong Sorensen pada 1998. Soton tak salah mendatangkan kiper asal Denmark tersebut.

Sepanjang kariernya bersama The Saint, Sorensen mampu menepis 12 tendangan penalti. Pada 2015, dia hengkang dari Saint Mary’s Stadium untuk bergabung dengan klub Liga Australia, Melbourne City.

5. David James (14 Penyelamatan)

David James bisa dikatakan sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Penampilan terbaiknya adalah saat membela Liverpool.

Performanya di Premier League terbilang oke. Faktanya, dia mampu membuat 169 clean sheet. Selain itu, dia juga menjadi kiper yang paling sering menggagalkan penalti di Liga Inggris, dengan 14 penyelamatan.

sumber: iNews.id

Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!