HETANEWS.COM

China Tepis Manfaatkan Wabah Virus Corona terkait Konflik Laut China Selatan

Beijing, hetanews.com - China menepis memanfaatkan wabah virus corona untuk menegaskan dominasi kepada negara-negara Asia Tenggara terkait konflik perairan di Laut China Selatan.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, negaranya justru meningkatkan kerja sama dengan negara-negara ASEAN dalam memerangi virus corona.

"Tidak ada klaim yang mendukung bahwa China memanfaatkan Covid-19 untuk memperluas kehadirannya di Laut China Selatan," kata Wang, dalam jumpa pers di sela Kongres Rakyat Nasional (NPC), dikutip dari The Straits Times, Senin (25/5/2020).

Dia mengatakan, kapal-kapal dan pesawat China bahkan terus menerus menggunakan perairan Laut China Selatan untuk mengirim peralatan medis ke Asia Tenggara dan wilayah lain.

Seperti diketahui, China terlibat konflik terkait wilayah Laut China Selatan dengan Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo memperingatkan para menlu ASEAN bahwa China memanfaatkan pandemi untuk semakin agresif menguasai Laut China Selatan.

Beberapa analis menyuarakan pandangan serupa, meskipun mereka lebih cenderung skenario tersebut telah ada sejak sebelum wabah Covid-19.

China pada bulan lalu meningkatkan aktivitas di perairan yang disengketakan dengan membangun dua distrik administratif di Kepulauan Paracel dan Spratly serta memberi nama 80 pulau, terumbu, dan bukit. Sebanyak 55 di antaranya berada di bawah air.

sumber: iNews.id

Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!