HETANEWS.COM

Lebaran Virtual di Tengah Pandemi Ala Sri Mulyani

Foto: Dok. Kementerian Keuangan

Jakarta, hetanews.com - Lebaran tahun ini harus dijalankan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada pandemi Corona (COVID-19). Jika biasanya berkumpul dengan keluarga untuk menjalin silaturahmi, sementara tahun ini harus dilakukan secara virtual.

Itu juga yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Lebaran tahun ini. Lewat akun Instagramnya @smindrawati, ia memposting lagu "Nasihat Eyang" ciptaan Almarhum Satmoko yang dinyanyikan bersama keluarga secara virtual. Lagu itu sudah dinyanyikannya sejak kecil dan menjadi wajib dihafal di dalam keluarga.

"Lebaran suasana COVID-19. Berbeda namun sama. Setiap hari raya Idul Fitri, kami sepuluh bersaudara, putra-putri almarhum Bapak Satmoko dan almarhumah Ibu Retno Sriningsih Satmoko, selalu berkumpul bersama untuk merayakan Lebaran. Dengan bertambah anggota keluarga -menantu-cucu-cicit- Tradisi Lebaran keluarga kami tidak pernah lekang," katanya, Senin (25/5/2020).

"Tahun ini karena ancaman COVID-19, kami tidak berkumpul secara fisik. Namun kami tetap berkumpul keluarga untuk merayakan Lebaran secara virtual. Dan kami tetap bernyanyi bersama lagu "Nasihat Eyang". Kolaborasi melalui teknologi dan kreativitas, tali silaturahmi dan kasih sayang keluarga dapat terjaga. Luar biasa bersyukur kepada Allah SWT," tambahnya.

Di saat yang sama, Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengenang tradisi Lebarannya jika tak ada COVID-19. Mulai dari berziarah ke makam untuk mendoakan orang tua, sungkeman, bermain, hingga menyantap menu favorit.

"Itulah ekspresi kasih sayang antar sesama anggota keluarga. Menu favorit sederhana: Soto ayam Pak Man, pecel, bacem tahu tempe iso babat, dan setup pisang Munah," urainya.

Tak lupa ia ikut mengajak untuk mendoakan keluarga yang telah tiada.

"Alfatihah dan Ya Sin untuk Eyang-eyang kami yang telah mendidik kami untuk menjadi manusia yang senantiasa bersyukur kepada sang Pencipta, peduli terhadap sesama dan selalu berbakti pada Nusa Bangsa," ungkapnya.

sumber: detik.com

Editor: sella.