HETANEWS

Penyaluran Sembako JPS Sumut di Pematangsiantar Tidak Serentak

Sebelum menerima sembako JPS Pemprovsu, warga terlebih dahulu menyerahkan fotocopy KK kepada petugas Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, Sabtu 23 Mei 2020.

Siantar, hetanews.com - Penyaluran sembako Jaring Pengaman Sosial [JPS] dari Pemrovsu ke Pematangsiantar tidak dilakukan secara serentak di 53 kelurahan se Pematangsiantar. Penyaluran sembako kali ini terkesan dipaksakan. 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan [GTPP] Covid 19 Pematangsiantar menyalurkan JPS dari Pemrov Sumut ke beberapa kantor kelurahan saja. Sehingga menimbulkan pertanyaan terhadap warga yang sedang membutuhkan.

Di kantor Kelurahan Karo, yang beralamat di Jalan Pane Kecamatan Siantar Selatan, warga terlihat membludak mengantri paket sembako yang berlangsung sekira pukul 15.00 Wib. 

Penyaluran sembako ini juga dipantau oleh pihak Kejari Pematangsiantar dan Anggota DPRD Provisi Sumut. "Melihat yang viral di Kabupaten Simalungun itu, Pimpinan memerintahkan kami untuk memantau ini," ucap Kasipidsus Dostom Hutabarat, ditemui di Kantor Lurah Karo.

Baca juga: Dana BLT Belum Ditransfer, Sembako Sudah Ready

Kata Dostom, juga dilakukan penimbangan terhadap beberapa komoditi sembako seperti beras. Informasi yang ia terima, penyaluran sembako dimulai hari ini hingga akhir Mei 2020.  "Karena yang saya lihat tadi, Kelurahan Bantan gak buka kantor Lurah-nya. Ada bebera kelurahan saja hari ini," katanya.

Dostom memastikan pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap penyaluran sembako. "Untuk sembako ini jangan bermain mainlah. Ini untuk warga yang terdampak Covid 19 dan kami sarankan pihak terkait saling bersinergi,"jelasnya.

Bila ada temuan atas penyelewengan dana Bansos Covid 19, pihaknya juga memastikan akan turun.  "Bahkan pimpinan juga menyatakan kalau untuk bencana ini [penyelewengan dana Baasos], itu akan kita ancam hukuman mati," bebernya.

Anggota Komisi C DPRD Sumut, Iskandar Sinaga, mengatakan pihaknya sebelumnya mempertanyakan keterlambatan pembagian Sembako tersebut di Pematangsiantar. Saat ini GTPP Covid 19 Pematangsiantar masih menyelesaikan hampir 30 persen pengepakan sembako.

"Ini sudah terlambat, besok sudah Hari Raya. Saya dengar tadi, 30 persen yang masih disalurkan. Jadi masih sekitar tujuh ribu yang masih dalam kotak,"ungkapnya.

Juru Bicara GTPP Covid 19, Daniel Siregar, sejauh ini belum memberi penjelasan mengenai penyaluran sembako JPS Sumut. Daniel yang dihubungi, Jumat lalu belum juga menjawab konfirmasi hingga berita ini dimuat.

Baca juga: Lurah Belum Terima Informasi Pendataan JPS Pemprovsu

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.