HETANEWS

Mahfud MD Ajak Masyarakat Salat Id di Rumah dan Halal Bihalal Secara Virtual

Video conference Menko Polhukam Mahfud MD dengan awak media.

Jakarta, hetanews.com - Menkopolhukam Mahfud MD mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan ormasnnn keagamaan untuk beribadah salat Idul Fitri dari rumah. Mahfud juga mengimbau masyarakat agar tidak menggelar halal bihalal di tengah pandemi virus corona di Indonesia.

Mahfud mengimbau masyarakat untuk mengadakan halal bihalal secara virtual. Menurutnya, itu menjadi solusi terbaik untuk tetap menjalin silaturahmi tanpa harus berkerumun.

"Saya mengajak kita semua mari salat Id di rumah dengan khusyuk, sesudah itu juga halal bihalal tidak harus berkerumun tetapi juga bisa melalui virtual," kata Mahfud dalam pernyataan persnya, Jumat (22/5).

Ilustrasi salat berjamaah di rumah
Salat berjamaah bersama keluarga di rumah, saat bulan ramadhan.

"Kalau harus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak," sambungnya.

Mahfud mengatakan, instruksi yang sama juga diterapkan di sejumlah negara lain yang penduduknya mayoritas beragama Islam.

"Bukan hanya di Indonesia anjuran salat di rumah ini dilakukan. Bahkan masjid suci yang ada di Makkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga ditutup demi menyelamatkan kaum muslimin dari penularan COVID-19," jelasnya.

berbagi kabar lewat video call
com-Ilustrasi berbagi kabar lewat video call.

Seruan serupa pun telah disampaikan oleh seluruh organisasi keagamaan yang ada di Indonesia dengan tujuan untuk meminimalkan adanya kerumunan orang yang memicu timbulnya penularan baru corona.

"Seruan seperti ini sudah dianjurkan secara sangat kuat oleh pemerintah setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan seperti majelis ulama, NU, Muhamadiyah dan yang lain-lain," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.