HETANEWS

Viral Curhatan Anak Perawat: Ayah Pingsan Kelelahan Usai Antar Pasien Corona

Tri Hartono, seorang tenaga medis yang kelelahan diduga akibat dehidrasi.

Jakarta, hetanews.com - Ramai sebuah unggahan di Twitter soal seorang tenaga kesehatan yang tergeletak karena kelelahan. Ia diduga dehidrasi akibat bolak-balik mengantar pasien terinfeksi corona dari puskesmas ke rumah sakit.

Unggahan itu dibuat oleh akun @sayangbolekok pada Rabu (20/5). Dalam unggahannya ia menyertakan dua foto dan sebuah video.

Laki-laki yang tergeletak dalam unggahan itu ialah Tri Hartono, ayah Sasa, pemilik akun @sayangbolekok. Tri merupakan seorang perawat di sebuah puskesmas di Salatiga. Kebetulan saat itu Tri sedang membantu mengemudikan mobil ambulans untuk mengangkut pasien corona dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

"Siapa yg ga ancur liat orang tua sndiri sampe pingsan gara2 dehidrasi? Puasa, bolak-balik nganter pasien corona dari puskesmas ke rumah sakit. Trs masi aja ada oknum dengan otak normal yg ngeremehin tenaga kesehatan?," ujar Sasa dalam unggahannya.

Sasa (20) merasa kecewa dengan masyarakat yang masih meremehkan corona. Petugas medis berjuang di garda depan, sedangkan masih banyak masyarakat yang kurang peduli pada protokol kesehatan.

Bahkan karena kelelahan bulak-balik mengantar pasien terinfeksi corona, ayahnya jatuh kelelahan sesaat setelah keluar dari ambulans.

"Posisi udah di bawah, telentang dan temannya sedang membuka APD yang dia pakai dengan cara dipotong. Saat sadar Ayah langsung membatalkan puasanya dan perawat lain memberikannya bantuan oksigen," ungkap Sasa kepada kumparan, Jumat (21/5).

Melihat Ayahnya berjuang hingga jatuh sakit, Sasa menyayangkan sikap masyarakat yang masih keluar rumah untuk beraktivitas, berbelanja di pusat perbelanjaan.

"Mereka mungkin ngga tau rasanya ada di posisi kami, dan semoga mereka ngga perlu merasakannya. Cukup jaga diri masing-masing, patuhi anjuran yang sudah diberlakukan, kalau tidak bisa membantu, setidaknya jangan menambah beban," tuturnya.

Unggahan Sasa tersebut mendapatkan lebih dari 33 ribu retwit dan disukai lebih dari 64 ribu akun.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.